Sukses

Marquez Akan Juara Dunia MotoGP dengan 306 Poin

Hasil di empat seri pada musim lalu mengunggulkan Marquez.untuk jadi juara dunia pada musim ini.

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP 2016 tinggal menyisakan empat seri lagi. Marc Marquez dari Repsol Honda berada di garis paling depan sebagai kandidat juara dunia.

Pembalap asal Spanyol tersebut mengemas 248 poin, unggul 52 poin dari pesaing terdekatnya, Valentino Rossi yang mengemas 196 poin.

Tambahan 25 poin baru saja diperoleh Marquez usai ia memenangi MotoGP Aragon, Minggu (25/9/2016) akhir pekan lalu.

Empat seri tersisa di MotoGP 2016 masing-masing adalah Jepang (Motegi) 16 Oktober 2016, Australia (Phillip Island) 23 Oktober 2016, dan Malaysia (Sepang) 30 Oktober 2016. Satu seri terakhir digelar di Spanyol di sirkuit Valencia 13 November 2016.

Merujuk pada statistik musim lalu di empat seri tersebut, Marquez dipastikan bakal juara dunia. The Baby Alien -julukan Marquez- akan juara dengan total poin 306.

Bagaimana dengan Rossi? The Doctor akan finis dengan total poin 258, atau selisih 48 poin dari total poin Marquez.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Review Empat Seri ini di Musim Lalu

Di Jepang musim lalu, Marquez finis di posisi empat, sementara Rossi finis di podium kedua. Marquez lalu kehilangan poin di seri Malaysia usai berbenturan dengan Rossi dan gagal melanjutkan lomba. Di sini, Rossi finis di podium ketiga.

Marquez kemudian berhasil memperbaiki catatan itu di Phillip Island, Australia. Pembalap berusia 23 tahun ini tampil mengesankan dengan menyabet podium pertama. Rossi sendiri harus puas finis di tempat keempat.

Pada seri terakhir di Valencia, Rossi kembali finis di tempat keempat. Hal ini tak terlepas dari hukuman pada Rossi usai ia dianggap bertindak tidak fair pada Marquez di seri Sepang.

Seperti diketahui, Rossi dianggap sengaja menendang motor Marquez, sehingga pembalap asal Spanyol tersebut terjatuh dan gagal meneruskan lomba. Sebagai hukuman, Rossi harus start dari paling belakang di seri Valencia. Akibat ini, gelar juara dunia pun melayang dari tangan Rossi ke Jorge Lorenzo.

Marquez sendiri finis di posisi kedua di seri terakhir tersebut.

Memang, perjalanan musim ini jauh berbeda dengan musim lalu. Mungkin saja, Rossi dan Marquez kali ini akan meraih hasil berbeda di empat tersisa.

Tapi rasanya, dibutuhkan keajaiban untuk melihat Rossi jadi juara dunia musim ini. Pasalnya, kendati ia menang, Rossi tetap harus bergantung pada performa Marquez.

Jika Marquez gagal bersinar, Rossi mungkin saja juara. Namun jika Marquez berhasil tampil maksimal dan meraih podium, Rossi harus mengucapkan selamat tinggal untuk kedua kalinya pada gelar juara dunia.

3 dari 3 halaman

Statistik di Empat Seri ini Musim Lalu

Statistik Marquez Vs Rossi di empat seri terakhir pada musim lalu.

Motegi 2015
Marquez posisi 4, poin 13
Rossi posisi 2, poin 20

Malaysia 2015
Marquez posisi -, poin 0
Rossi posisi 3, poin 16

Australia 2015
Marquez posisi 1, poin 25
Valentino Rossi posisi 4, poin 13

Valencia 2015
Marquez posisi 2, poin 20
Rossi posisi 4, poin 13

Poin Marquez dan Rossi saat ini dijumlahkan dengan total poin di empat seri tersebut pada musim lalu.

Total poin Marquez: 248 + 58: 306
Total poin Rossi: 196 + 62 = 258

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.