Sukses

5 Tempat Latihan Sepak Bola Terindah di Dunia

Sepak bola sudah menjadi sebuah industri yang menggiurkan untuk menghasilkan setumpuk uang.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam satu dekade terakhir, sepak bola tidak hanya sekadar olahraga semata. Sepak bola sudah menjadi sebuah industri yang menggiurkan untuk menghasilkan setumpuk uang.

Karena hal tersebut, menjadi hal yang lazim bila modernisasi sarana dan fasilitas menjadi kebutuhan utama untuk mengembangkan potensi sebuah tim sepak bola. Hal itu dilakukan untuk menunjang kebutuhan tim.

Beberapa klub top dunia pun memiliki fasilitas yang sangat mewah. Bahkan, sarana latihan mereka dibangun dengan uang yang fantastis. Bukan hanya lapangan tempat latihan, fasilitas lainnya seperti kolam renang, tempat fitnes hingga aspek lainnya di bangun dengan megah.

Setidaknya, ada lima klub top dunia yang memiliki fasilitas terbaik seperti dilansir dari Footy Jokes. Simak di halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Aon Training Complex

Aon Training Complex

Aon Training Complex merupakan kawasan sempurna untuk berlatih sepak bola. Ini merupakan kompleks latihan milik Manchester United yang dibuka secara resmi pada 26 Juli 2000.

Fasilitas latihan yang menghabiskan dana hingga 60 juta pounds ini dibangun di atas tanah seluar 108 hektar. Ada lebih dari 30 ribu pohon yang mengelilingi Aon Training Complex. Puluhan ribu pohon itu dimaksudkan agar pemain jauh dari media dan mata-mata tim lawan.

Sejak dua tahun lalu, Aon Training Complex memiliki 14 lapangan latihan yang ukurannya berbeda. Ketika MU masih dilatih Louis van Gaal, kompleks latihan ini sempat memiliki kamera CCTV di berbagai sudut yang dimaksudkan untuk memantau kondisi pemain.

Namun, kamera CCTV tersebut sudah dihilangkan setelah Jose Mourinho menjadi manajer Setan Merah. Hilangnya CCTV membuat Wayne Rooney dan kawan-kawan lega. Sebab, CCTV membuat pemain Setan Merah merasa hidup di penjara.

3 dari 6 halaman

Ciutat Esportiva Joan Gamper

Ciutat Esportiva Joan Gamper

Barcelona meresmikan kompleks latihan mereka pada 2006 yang dinamakan Ciutat Esportiva Joan Gamper. Tempat pemusatan latihan ini dibangun oleh pendiri klub asal Swiss, Joan Gamper.

Kompleks latihan yang menhabiskan uang sebesar 77,5 juta euro ini memiliki banyak infrastriktur klasik yang identik dengan Barcelona.  Lokasinya pun sangat dekat dengan Camp Nou, stadion yang digunakan Los Blaugrana untuk menjalani pertandingan kandang.

Ciutat Esportiva Joan Gamper memiliki lima lapangan standard dengan rumput asli., tiga tempat fitnes, tiga gedung serba guna yang bisa digunakan untuk bermain basket, bola tangan, dan futsal, serta sebuah kolam renang.

4 dari 6 halaman

London Colney

London Colney

London Colney merupakan sarana latihan milik Arsenal. Pusat latihan Meriam London --sebutan Arsenal-- ini merupakan ide dari manajer mereka, Arsene Wenger.

Menariknya, Arsenal berhasil membangun London Colney berkat uang dari hasil penjualan striker mereka, Nicolas Anelka ke Real Madrid. London Colney di bangun pada 1998 dan resmi dibuka pada Oktober 1999.

Tempat pemusatan latihan Arsenal ini memiliki sepuluh lapangan standar, satu lapangan indoor, fasilitas medis, serta tempat khusus untuk rehabilitasi.

5 dari 6 halaman

Ciudad Real Madrid

Ciudad Real Madrid

Real Madrid punya tempat pemusatan latihan yang sangat istimewa, yakni Ciudad Real Madrid. Kompleks latihan Los Blancos (sebutan Real Madrid) ini punya lima lapangan standard, tiga di antaranya menggunakan rumput sintetis.

Di dalam kompleks latihan ini juga terdapat Stadion Alfredo Stefano yang menjadi kandang dari Real Madrid Castilla, tim cadangan Los Blancos.

Ciudad Real Madrid dilengkapi dengan fasilitas yang sangat megah, seperti kolam renang untuk tim utama, pusat hidroterapi, dan pusat kebugaran dan juga rehabilitasi.

6 dari 6 halaman

Milanello Sports Centre

Milanello Sports Centre

Klub asal Italia, AC Milan punya tempat pemusatan latihan terbaik di dunia, yakni Milanello Sports Centre. Fasilitas milik AC Milan itu sudah beroperasi sejak 1963.

Milanello Sports Centre menjadi salah satu saksi kejayaan Milan di Eropa. Area ini memiliki luas hingga 160 ribu meter persegi dan dikelilingi pohon pinus.

Sarana latihan yang terdapat di Cairate-Carnago-Cassano Magnago
Lombardy ini memiliki enam lapangan normal, satu di antaranya menggunakan rumput sintetis. Tidak hanya itu, Milanello Sports Centre juga memiliki satu lapangan indoor dan mempunyai danau kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini