Sukses

Olimpiade 2016: Brasil Gagal Tekuk 10 Pemain Afsel

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Timnas Brasil gagal mengalahkan 10 pemain Afrika Selatan (Afsel) di laga perdana cabang olahraga sepak bola Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Jumat (5/8/2016) dini hari WIB. Brasil harus puas bermain imbang 0-0 melawan Afsel.

Di awal babak pertama, Brasil terlihat kesulitan mengembangkan permainan, karena tidak bermain lepas. Afsel sempat mampu merepotkan barisan pertahanan tuan rumah meski tidak ada serangan berbahaya.

Pada pertengahan babak pertama, Neymar dan kawan-kawan baru bisa keluar menekan. Namun, kendati mendominasi permainan, Brasil belum mampu mencetak gol hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Selecao lebih tampil trenggina melalui serangan-serangan lewat sayap. Kans Brasil menang juga terbuka setelah pemain Afsel, Mothobi Mvala, diganjar kartu kuning kedua oleh wasit pada menit ke-59.  

Situasi itu memudahkan Brasil dalam mengancam gawang Afsel. Sejumlah serangan dilancarkan oleh tuan rumah, namun kiper Afsel, Itumeleng Khune, menunjukkan aksi gemilang dengan melakukan berbagai penyelamatan.

Peluang terbaik diperoleh Brasil pada menit ke-71, ketika gawang Afsel sudah kosong, tapi sepakan Gabriel Jesus masih mengenai tiang gawang. Skor belum berubah, masih 0-0.    

Neymar yang diharapkan bisa memecah kebuntuan lini depan Brasil, juga kesulitan lepas dari pengawalan. Beberapa kali aksi individu striker Barcelona ini bisa diantisipasi, baik oleh bek maupun kiper lawan. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai, skor tetap 0-0.

Starting line-up:

Brasil: Weverton; Zeca, Marquinhos, Caio, Douglas Santos; Felipe Anderson, Thiago Maia, Augusto; Neymar, Gabriel Jesus, Barbosa.

Afrika Selatan: Khune; Mekoa, Mobara, Coetzee, Mathoho, Mvala, Motupa, Dolly, Modiba, Masuku, Mothiba.