Sukses

Italia Rusak Rekor Bagus Jerman di Adu Penalti

Pertama kali sejak Piala Dunia 1982, Jerman gagal mengeksekusi penalti dalam drama adu penalti.

Liputan6.com, Bordeaux - Tim Panser, Jerman kembali menunjukkan jati diri sebagai kandidat juara Piala Eropa 2016. Jerman sukses menyingkirkan raksasa benua biru lainnya, Italia melalui adu penalti di babak perempat final, Sabtu, (2/7/2016) atau Minggu dinihari WIB di Bordeaux.

Kemenangan tersebut sekaligus memutus rantai buruk Jerman ketika melawan Italia. Jerman gagal menang dalam delapan pertemuan melawan Italia pada turnamen besar, termasuk Piala Dunia dan Piala Eropa. 

Terlepas dari sukses tersebut, rekor buruk juga membayangi Jerman pada adu penalti kontra Italia. Pertama kali sejak Piala Dunia 1982, algojo Jerman gagal mengeksekusi dalam drama adu penalti.

Ketika itu, Jerman menghadapi Prancis di semifinal. Uli Stielike menjadi satu-satunya algojo Jerman yang gagal menjalankan tugas dengan baik. Setelah itu, Jerman mulus melewati babak tos-tosan. Jerman terakhir menang adu penalti ketika menghadapi Argentina di perempat final Piala Dunia 2006.

Timnas Jerman

Jerman selalu superior dalam adu penalti di seluruh ajang turnamen. Jerman total memetik 5 kali kemenangan dan kalah 1 kali. Kekalahan terjadi ketika Italia bersua Cekoslovakia di final Piala Eropa 1976. Ketika itu, Jerman kalah dengan skor 3-5.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Adu Penalti Terpanjang

Rekor adu penalti lainnya juga tercipta di laga Jerman melawan Italia, Minggu dinihari tadi. Melansir OptaJoe, adu penalti di duel tersebut menjadi adu penalti dengan durasi terpanjang sepanjang sejarah Piala Eropa. 

Timnas Italia

Dalam duel tersebut, terdapat 18 eksekutor. Sebanyak 7 penendang gagal menjalankan tugasnya. Mereka adalah: Simone Zaza, Thomas Mueller, Mesut Oezil, Graziano Pelle, Leonardo Bonucci, Bastian Schweinsteiger dan Matteo Darmian gagal menjalankan tugasnya. 

Catatan adu penalti Jerman di turnamen dunia

Jerman: menang 6, kalah 1

3-5 vs Cekoslovakia, final Euro 1976
5-4 vs Prancis, semifinal Piala Dunia 1982
4-1 vs Meksiko, perempat final Piala Dunia 1986
4-3 vs Inggris, semifinal Piala Dunia 1990
6-5 vs Inggris, semifinal Euro 1996
4-2 vs Argentina, perempat final Piala Dunia 2006

6-5 vs Italia, perempat final Piala Eropa 2014

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini