Sukses

Fakta Menarik Sukses Spanyol: Perawan 690 Menit

Liputan6.com, Nice - Spanyol terus membuktikan diri bahwa mereka benar-benar berambisi untuk merengkuh gelar ketiga beruntun Piala Eropa. Buktinya, mereka sudah memastikan tiket untuk tampil di perdelapan final Piala Eropa 2016.

Tantangan Turki pada matchday kedua Grup D Piala Eropa 2016 dijawab Spanyol dengan aksi mengesankan di Allianz Riviere, Sabtu (18/6/2016). Tak tanggung-tanggung, skuat La Furia Roja mempecundangi Turki tiga gol tanpa balas.

Alvaro Morata dan Nolito menjadi kunci kemenangan tim besutan Vicente del Bosque itu. Morata memborong dua gol di menit 34 dan 48. Nolito menciptakan satu assist buat Morata dan satu gol di menit 37. Tambahan tiga poin pun meloloskan Spanyol ke perdelapan final.

Spanyol jadi tim ketiga yang lolos setelah Prancis dan Italia. Berbagai catatan menarik pun tercipta seusai Spanyol menaklukkan Turki. Setidaknya, ada tujuh fakta menarik yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

Berikut fakta-faktanya:

2 dari 2 halaman

7 Fakta Menarik

1. Kartu kuning Sergio Ramos di detik 58 menjadi yang tercepat di Piala Eropa sejak Aleksandrs Isakovs kala Latvia melawan Jerman di detik 40 pada 2004.

2. Alvaro Morata dan Nolito menjadi pemain ke-34 dan ke-35 yang mencetak gol untuk Spanyol di Piala Eropa, terbanyak dari tim lain (unggul satu digit atas Jerman, 34).

3. Nolito menjadi pemain keenam yang mencetak gol dan assist dalam satu laga Piala Eropa buat Spanyol setelah Pereda, Cesc Fabregas, Dani Guiza, David Silva, dan Fernando Torres.

4. Turki tak pernah mencetak clean sheet di Piala Eropa sejak menang 2-0 atas Belgia pada Piala Eropa 2002. Sejak itu, mereka sudah kebobolan 15 gol dari delapan laga.

5. Morata menjadi pemain kelima yang mencetak dua gol dalam satu laga Piala Eropa buat Spanyol setelah Alfonso Perez, David Villa, Torres, dan Xabi Alonso.

6. Spanyol belum terkalahkan di 14 laga Piala Eropa (11 menang, 3 imbang) dan belum kebobolan hingga 690 menit.

7. Dalam proses terciptanya gol ketiga Spanyol ke gawang Turki, hanya Gerard Pique yang tak menyentuh bola.