Sukses

Fakta Menarik di Balik Sukses Italia ke Perdelapan Final

Liputan6.com, Toulouse - Italia sukses mewakili Grup E untuk tampil di perdelapan final Piala Eropa 2016. Sukses itu didapat setelah Italia menaklukkan Swedia 1-0. Gol kemenangan skuat Gli Azzurri dicetak Eder Martins di menit 88.

Italia membuktikan diri bahwa mereka bukan tim yang bisa diremehkan. Buktinya, sudah dua tim besar yang menjadi korban mereka di Grup E Piala Eropa 2016. Korban pertama adalah Belgia kala bentrok di Parc Olympique Lyonnais.

Kala itu, Italia tampil di bawah tekanan Belgia sepanjang laga. Hebatnya, anak asuh Antonio Conte itu mampu mengakhiri duel dengan kemenangan 2-0 lewat gol Emanuele Giaccherini dan Graziano Pelle. Kini, giliran Swedia yang jadi korban Italia di Stadium Municipal, Jumat (17/6/2016).

Kemenangan 1-0 atas Swedia pun meloloskan Italia ke perdelapan final. Bahkan, mereka juga sudah dipastikan menjadi penguasa Grup E. Karenanya, ada beberapa catatan menarik yang dirangkum Liputan6.com di balik sukses Italia menaklukkan Swedia.

Lihat fakta menarik Italia Vs Swedia di halaman berikutnya!

2 dari 2 halaman

7 Fakta Menarik


1. Ada tiga pemain yang tampil sebagai starter di laga ini juga bermain saat Italia dan Swedia bertemu di Piala Eropa 2004 (Gianluigi Buffon, Andreas Isaksson, Zlatan Ibrahimovic).

2. Eder mencetak gol pada tendangan ke gawang pertamanya di Piala Eropa 2016.

3. Gol di menit 88 adalah tendangan ke gawang pertama yang tercipta di babak kedua.

4. Swedia adalah tim pertama yang tak pernah melepaskan tendangan ke gawang dalam dua laga perdana di Piala Eropa sejak 1980.

5. Hanya ada 12 tendangan percobaan di sepanjang laga. Ini adalah catatan terburuk sejak laga Piala Eropa 1980.

6. Italia belum kebobolan di Piala Eropa 2016 dan sukses mencetak empat clean sheet dari enam laga terakhir Piala Eropa.

7. Enam pemain terlibat dalam tiga gol Italia di Piala Eropa 2016 (Emanuele Giaccherini, Graziano Pelle, Eder Martins, Antonio Candreva, Leonardo Bonucci, Simone Zaza).