Sukses

Sukses di Piala FA, Van Gaal Ulang Kisah Ferguson

Bagi Van Gaal gagal masuk kompetisi elite Eropa bisa menjadi pukulan besar.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United akan menghadapi Derby County di putaran empat Piala FA, Sabtu dini hari WIB (30/1/2016). Laga ini disebut-sebut bakal menentukan masa depan manajer MU Louis van Gaal.

Seandainya MU menang dari klub divisi dua itu, maka pelatih asal Belanda ini bisa mencapai titik balik menentukan. Ini mengingatkan akan pengalaman yang dialami pelatih pendahulunya Sir Alex Ferguson.

Baca Juga

  • Ronaldo Tolak Rencana Madrid Boyong Neymar
  • Cedera Parah, Bintang City Absen 10 Pekan
  • Kabar Gembira Hampiri Arsenal Jelang Piala FA


Sekadar mengingatkan, kemenangan MU dari Everton pada final Piala FA 1995 dianggap sebagai titik balik bagi Ferguson. Ketika itu, di masa awal kepelatihan di Old Trafford, Ferguson pun sempat terseok-seok sebelum menjadi langganan juara di tahun-tahun kemudian.

Dan, bagi Van Gaal gagal masuk kompetisi elite Eropa bisa menjadi pukulan besar. Tapi, derita itu akan terhapuskan jika sukses di Piala FA.

Masa depan Van Gaal ramai dibicarakan setelah muncul rumor bahwa ia akan mengundurkan diri menyusul kekalahan dari Southampton itu. Pada pertandingan itu, Van Gaal bahkan sempat jadi bahan cemoohan para pendukungnya sendiri.

Tapi Van Gaal membantah kabar itu. "Saya tak pernah mengutarakan hal seperti itu. Ini kali ketiga saya 'dipecat' dan saya masih berdiri di sini untuk Anda. Saya selalu menghadapi (pengawasan) ini," kata Van Gaal.

Kekalahan itu membuat posisi "Setan Merah" makin menjauh dari zona Liga Champions. Saat ini MU berada di posisi ke-5 klasemen sementara Liga Premier.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menghitung Hari

Sejauh ini karier Van Gaal masih aman. Wakil Ketua Eksekutif Ed Woodward sangat menyokong Van Gaal. "Ini tentu saja fantastis, namun ini juga memberi Anda banyak tekanan," kata Woodward.

"Ketika kepercayaan diri tidak terlalu tinggi, maka Anda bisa melawannya. Bila bisa melawannya, Anda memiliki motivasi lebih besar ketimbang dukungan direksi," kata Woodward.

Kontrak Van Gaal bersama MU akan berakhir musim panas 2017 nanti. Mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen ini menegaskan bahwa dirinya akan tetap bertahan dan menghabiskan masa kerjanya.

Namun, situasi yang berkembang saat ini tampaknya menyiratkan cepat atau lambat Van Gaal tak lagi menduduki jabatan manajer MU. Tak sedikit yang meyakini pemecatan Van Gaal tinggal menghitung hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini