Sukses

5 Mobil Balap dengan Desain Paling Aneh di Dunia

Mobil balap adalah cara sebuah produsen kendaraan menunjukkan kalau mereka telah meraih kesuksesan.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil balap adalah cara sebuah produsen kendaraan menunjukkan kalau mereka telah meraih kesuksesan. Sebut saja Honda, Ferrari hingga Mercedes yang selalu terlibat balapan Formula 1.

Tiga produsen tersebut selalu memperbaiki dan memperbarui mesin ciptaannya agar bisa melaju paling cepat di aspal pada ajang Formula 1. Ajang balap jet darat itu sekaligus dijadikan sebagai cara melakukan promosi untuk menjual mobil-mobil mereka.

Baca Juga

  • Beda Sepak Bola Malaysia dan Indonesia di Mata Andik
  • Ducati Girang Tidak Lagi Pakai Ban Lunak di MotoGP 2016
  • Otavio Dutra Blak-blakan Soal Isu Pengaturan Skor Surabaya United

Jika Anda sering menonton Formula 1, pasti sudah tahu bentuk mobil balapnya. Namun, pernahkan Anda melihat mobil balap yang didesain dengan bentuk yang unik dan aneh? Simak ulasannya di sini.

Chevrolet Camaro dan Ford Festiva Upside Down

Pernah melihat mobil terbalik ikut balapan? Jika belum, Anda harus melihat mobil yang didesain oleh Jeff Block dari SpeedyCop ini. Tidak tanggung-tanggung, dia menciptakan dua mobil balap terbalik, yakni Chevrolet Camaro dan Ford Festiva Upside Down.

Seperti diberitakan Autoblog, mobil ini dipakai dalam musim balap LeMons tersbut adalah Ford Festiva yang sudah dimodifikasi dan tanpa menggunakan atap, sementara Chevy Camaro yang dibuat sedemikian rupa lengkap dengan ban dan bagian penggerak bawah dipasang menjadi casing tambahan dalam posisi terbalik.

Mobil ini memiliki mesin empat silinder dengan kapasitas 1300cc. Karena sudah dimodifikasi, mobil ini akan berjalan dengan stabil dalam keadaan kencang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BMW H2R

BMW H2R

Pada 11 Oktober 2005, BMW memperkenalkan mobil balap paling aneh, yakni BMW H2R. Mobil balap ini sangat panjang dan dicat warna silver. Bila diperhatikan secara seksama, BMW H2R lebih mirip timun.

Mobil yang dibekali dengan mesin V12 6000cc itu memiliki kecepatan maksimal, yakni 301.95 km/jam.



March Engineering 711

Pada ajang balap Formula 1 tahun 1971, tim March Engineering mendesain mobil yang sangat aneh. Di bagian hidung mobil terdapat sayap yang sangat besar, sebuah hal yang tak lazim. Mereka menyebut sayap di hidung itu dengan nama Spitfire.

Dengan desain hidung yang aneh itu, tim yang pernah menaungin legenda balap Formula 1, Nikki Lauda itu tidak pernah naik podium. Sayap besar yang terdapat di hidung membuat mobil menjadi lambat.


3 dari 3 halaman

Italcorsa TARF II

Italcorsa TARF II

Mobil balap paling aneh selanjutnya adalah Italcorsa TARF II. Mobil ini memakai mesin Ferrari 246 Dino DOHC V6 2.418cc dengan tiga karburator twin-choke dan girboks Rover.

Italcorsa TARF II merupakan mobil yang aneh karena memiliki dua bagian. Bagian pertama yang terdapat di sebelah kiri dikhususkan untuk pembalap agar lebih leluasa menyetir. Bagian kedua yang di sebelah kanan adalah mesin mobil. Meskipun berbetuk aneh, mobil ini berhasil meraih tujuh rekor kecepatan antara tahun 1951 dan 1952.



Chaparral 2H

Mobil balap jika memiliki sayap di bagian belakang terlihat sangatlah keren. Namun bagaimana jika bentuk sayapnya terdapat di bagian tengah body dan ukurannya berlebihan? Masihkah menarik dan bisa mencapai kecepatan maksimal?

Seperti inilah bentuk Chaparral 2H. Memiliki sayap besar yang terdapat di tengah body. Karena bentuknya yang aneh, mobil yang diciptakan sekitar tahun 1970-an itu tidak laku dipasaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini