Sukses

SEA Games 2011: Pelaksanaan Paling Kacau

Liputan6.com, Jakarta- SEA Games 2011 digelar di Indonesia. Pelaksanaan event dua tahunan ini dilaksanakan di Palembang dan Jakarta. Carut-marut mewarnai penyelenggaraan SEA Games edisi XXVI.

Banyaknya venue yang belum siap menjadi biang kerok kekacauan SEA Games 2011. Bahkan ofisial Filipina menyatakan SEA Games XXVI merupakan penyelenggaraan "paling kacau" sepanjang sejarah.

Selain tempat bertanding yang belum siap ketika pembukaan dilakukan, para kontestan juga menyoroti parahnya penginapan dan transportasi. Bahkan bayaran untuk relawan serta tukang becak di Palembang sempat telat.

Bukan hanya pelaksanaan saja yang menuai kecaman, pemilikan maskot SEA Games 2011 juga mengundang kritik. Modo-Modi, yang dipilih karena merupakan adopsi binatang komodo, dianggap sebagai maskot terburuk yang pernah ada. Desain Modo-modi memang tidak terlihat seperti komodo melainkan cicak.

Untungnya meski penyelenggaraan kacau balau, Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum. Kontingen Indonesia meraup 182 emas, 151 perak dan 143 perunggu. Indonesia unggul jauh dari Thailand yang meraih 109 emas, 100 perak dan 120 perunggu.

Di SEA Games 2011, ada 44 cabang olahraga yang dipertandingkan dari 11 November hingga 22 November 2011.

Sorotan utama ada di cabang sepak bola putra. Partai final yang mempertemukan Indonesia dengan Malaysia membawa petaka. Dua penonton tewas terinjak-injak.

Loading