Sukses

Tampil Dominan, Barcelona Hempaskan Ajax Amsterdam

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona berhasil mendominasi Ajax Amsterdam dalam laga fase grup Liga Champions, Rabu (22/10/2014) di Camp Nou. Skor 3-1 menutup laga.

Paruh pertama Barcelona ungguli tamunya, Ajax Amsterdam dengan skor 2-0. Dua gol Barca dicetak duet maut, Neymar dan Lionel Messi.

Barcelona yang mendominasi sejak awal laga langsung menggebrak. Hasilnya, menit ke-7 Neymar sudah membuka keunggulan bagi Blaugrana.

Gol bermula dari permainan tiki-taka di lini tengah Barca. Messi yang berdiri di depan kotak penalti langsung memberi operan pada Neymar yang berlari di sisi kiri. Bintang asal Brasil itu pun sukses menceploskan bola dengan kaki kirinya. Skor 1-0 untuk keunggulan Barca.

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/754239/original/093091500_1413919526-000_DV1893503.jpg

Permainan cepat Barca membuat Ajax tampil bertahan. Skuat asuhan Frank de Boer ini nyaris tidak memberi perlawanan berarti.

Pundi-pundi gol Barca bertambah di menit ke-24. Andres Iniesta dengan cerdik memberi operan langsung pada Messi yang hanya dikawal satu pemain. Dengan cepat Messi menuntaskan umpan Iniesta dengan kaki kirinya. Skor 2-0 untuk keunggulan Barca.

Empat menit berselang, Pedro Rodriguez nyaris menambah keunggulan Barca. Namun usahanya masih membentur tiang gawang. Pergerakkan cepat Iniesta mampu mengecoh empat pemain hingga akhirnya ia masuk ke dalam kotak penalti. Namun sepakannya masih mampu ditepis kiper Ajax Amsterdam, Jasper Cillessen.

Hingga turun minum, skor 2-0 untuk keunggulan Barca masih bertahan.

 

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Memasuki paruh kedua, Ajax Amsterdam mulai berani menyerang. Namun hanya sedikit peluang yang mampu mereka ciptakan.

Empat menit babak kedua berjalan, Barcelona mengancam melalui Pedro Rodriguez. Namun sepakannya masih mampu ditepis penjaga gawang, Jasper Cillessen. Bola rebound disambut Lionel Messi dan bola pun meluncur ke gawang. Namun wasit menilai Messi sudah berada dalam posisi offside.

Kerja sama cantik ditunjukkan Messi dan Neymar pada menit ke-52. Lewat umpan pendek dan pergerakkan cepat, Messi mampu mengecoh dua pemain belakang Ajax Amsterdam. Akan tetapi sepakannya masih melebar.

Peluang di dapat Ajax Amsterdam menit ke-55. Ricardo van Rhijn mampu melesatkan sepakan keras menit ke-55. Namun bola masih mengalir di sisi gawang M. Ter Stegen.

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/754244/original/019874200_1413922100-000_DV1893622.jpg

Pergantian pemain pun dilakukan Barca. Lionel Messi dan Neymar diistirahatkan Luis Enrique. Pemain muda seperti Munir, dan Sandro Ramirez masuk.

Menguasai lini tengah, Blaugrana tetap mengancam Ajax di paruh kedua. Ivan Rakitic melakukan tendangan spekulasi menit ke-71. Namun sepakannya masih dihalau kiper Ajax.

Munir mendapat peluang menit ke-81. Percobaannya memantul tubuh pemain belakang Ajax, bola pun melambung namun mengarah tepat ke hadapan penjaga gawang Jasper Cillessen.

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/754242/original/040229600_1413921763-000_DV1893511.jpg

Tujuh menit berselang, gol yang ditunggu Ajax akhirnya muncul. Anwar El Ghazi dengan sigap memanfaatkan bola rebound hasil kemelut di depan gawang Barca, skor berubah jadi 2-1 untuk keunggulan Barca.

Jelang laga usai, pemain pengganti, Sandro Ramirez ikut mencatatkan namanya di papan skor. Ia sukses mengecoh pemain belakang Ajax untuk kemudian mengarahkan bola ke gawang dengan kaki kirinya.

Skor 3-1 untuk kemenangan Barcelona bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain:

Barcelona: Ter Stegen; Alves, Pique, Bartra, Alba; Mascherano, Rakitic, Iniesta (Rafinha); Pedro, Messi (Munir), Neymar (Sandro Ramirez)

Ajax: Cillessen; van Rhijn, Veltman, Moisander, Viergever; Klaassen, Zimling (Jairo Riedewald), Andersen; Schone, Sigthorsson (Anwar El-Ghazi), Kishna (Arkadiusz Milik)