Sukses

Legenda Belanda Resmi Tukangi Southampton

Liputan6.com, Southampton: Southampton akhirnya resmi menunjuk Ronald Koeman sebagai manajer baru mereka. Ia menggantikan posisi yang ditinggalkan Mauricio Pochettino yang bergabung dengan Tottenham Hotspurs di musim mendatang.

Pria berusia 51 tahun tersebut juga turut membawa sang kakak, Erwin Koeman sebagai asistennya di Southampton. Pria asal Belanda itu telah menyepakati kontrak dengan durasi tiga tahun bersama Soton.

"Saya sangat tersanjung dapat menjadi manajer Southampton. Sejak pertama kali bertemu dengan Les Reed, saya merasa klub ini sangat tepat bagi saya," sebutnya seperti dilansir Skysports (16/6).

"Kami akan berbagi filosofi dan menyatukan visi untuk membangun klub ini. Saya tidak sabar untuk segera memulai."

Semasa kariernya sebagai pelatih, pria asal Belanda ini turut memenangkan beberapa gelar bersama klub asuhannya. Ia membawa Ajax menjuarai dua gelar Eredivisie dan satu KNVB Cup.

Ia juga sukses membawa PSV Eindhoven menjuarai gelar Eredivisie musim 2006/2007. Lalu kesuksesannya berlanjut di tanah Spanyol dengan berhasil membawa Valencia menjuarai Copa del Rey 2007/2008.

Koeman juga dikenal sebagai legenda sepak bola Belanda di era 1980 dan 1990-an. Sebagai seorang gelandang serang, ia dikenal memiliki kualitas tendangan bebas yang baik.