Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

BI: Indonesia Seperti Gadis Cantik yang Memikat Investor

Bank Indonesia mengaku kondisi ekonomi Indonesia di awal tahun ini terus menunjukkan perbaikan. Meski belum keluar dari permasalahan domestik yang lebih didorong dari defisit neraca pembayaran, namun dilihat dari trennya defisit terus menyempit.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Juda Agung mengungkapkan, tren perbaikan tersebut mulai dilihat kembali oleh sejumlah investor.

"Kita sudah mulai kembali menjadi gadis cantik yang menarik para investor," katanya di Hotel Papandayan Bandung, Sabtu (22/2/2014).

Hal itu dibuktikan Juda dengan kembali adanya capital inflow ke Indonesia sepanjang bulan Januari mencapai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 17 triliun.

Juda mencatat dari sekian dana yang masuk ke Indonesia setidaknya sebanyak US$ 700 juta masuk melalui pasar modal Indonesia dan juga beberapa di Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

"Perbaikan fundamental ini mendorong inflow masuk kembali ke Indonesia," tegasnya.

Perbaikan fundamental yang belakangan mulai terlihat di Indonesia ini dikatakan Juda juga merupakan bagian dari bauran kebijakan Bank Indonesia pada 2013 yang dinilai menjadi tahun yang penuh tantangan.

Bauran kebijakan yang paling dominan yang dilakukan Bank Indonesia adalah dengan menaikkan tingkat suku bunga acuan (BI Rate) dari 5,75% menjadi 7,5% pada saat ini atau sekitar 175 basis poin.

"Kebijakan ini Alhamdllah membuahkan hasil. Kalau melihat perkembangan ekonomi kuartal IV 2013, arah ekonomi kita adalah kita mengerem konsumsi, investasi, supaya impor tidak berlebihan dan itu berhasil," pungkasnya. (Yas/Ndw).


*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS Honorer K2 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com
Loading