Sukses

Studi: Orang Sukses Paling Jago Tahan Emosi

Rahasia kesuksesan seseorang terus menjadi pertanyaan meski setumpuk hasil penelitian mengklaim telah menemukan jawabannya. Penelitian terbaru dari TalentSmart mencoba mencari sisi lain dari kunci sukses yang berhasil diraih seorang pebisnis maupun orang biasa.

Hasil penelitian TalentSmar menguak kunci kesuksesan ternyata berasal dari kemampuan mengelola emosi dan bersikap tenang di bawah tekanan. Sekitar 90% orang sukses sangat ahli dalam mengatur emosi saat dilanda stres agar bisa kembali bersikap tenang dan tak keluar kendali.

Mengutip laporan Forbes, Senin (10/2/2014), stres di tengah pekerjaan dapat menguras emosi yang membuat banyak orang bersikap di luar kendali. Padahal, selama Anda dapat mengatur emosi dengan baik, stres tersebut dapat lebih cepat hilang.

Sebaliknya, jika Anda terus merasa emosi, rasa stres akan semakin sulit diatasi. Penelitian terbaru dari University of California Berkeley juga menemukan, stres berkepanjangan dapat menekan kemampuan berkembang otak Anda.

Artinya, kondisi tersebut membuat Anda semakin sulit meraih kesuksesan.

"Saat Anda mampu menahan emosi dan menekan rasa stres, kinerja Anda dapat menjadi jauh lebih baik," ungkap pimpinan penelitian tersebut, Elizabeth Kirby.

Orang sukses yang ahli menahan emosi cenderung menghargai apa yang dimilikinya. Dia cenderung bersyukur menghadapi berbagai permasalahan yang dialami. Sikap tersebut dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Selain itu, kemampuan orang sukses menahan emosi membuatnya selalu berpikiran dan bersikap positif. Hal itu membuatnya cenderung lebih tenang dalam menghadapi berbagai tekanan di kantor maupun di tempat bisnisnya.

Salah satu cara untuk membantu orang sukses menahan emosi adalah menikmati tidur yang cukup. Cara lainnya, adalah dengan berpikir objektif dan tidak berpihak dalam menjalani berbagai urusannya.(Sis/Shd)
Loading