Sukses

Ini Upaya Kementerian Pertanian Turunkan Harga Daging Sapi

Kementerian Pertanian terus berupaya untuk menurunkan harga daging sapi dengan salah satu cara yaitu memberikan insentif.

Harga daging sapi masih di kisaran Rp 90 ribu per kilogramnya (kg) hingga kini menyebabkan Menteri Pertanian Suswono terus memutar otak demi menurunkan harga daging.

Suswono berencana memberikan subsidi bagi para pelaku usaha untuk mendistribusikan daging dari sentral produksi ke daerah-daerah yang notabene sebagai daerah konsumtif.

"Ini yang perlu dipikirkan apakah nanti kami akan ada subsidi di transportasi itu," ungkap Suswono saat ditemui di Gedung Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta, Selasa (7/1/2014).

Suswono mencontohkan, pemberian subsidi itu diberikan untuk pengangkutan daging menggunakan sarana kereta api. Sebenarnya subsidi untuk pengangkutan menggunakan kereta api sudah diusulkan Suswono beberapa waktu lalu, tetapi setelah diujicobakan distribusi menggunakan kereta dinilainya tidak efisien.

"Karena dia harus mengangkut dari penampungan ke kereta setelah sampai ditempat pun dari stasiun masih pakai mobil lagi," jelas Suswono

Pada 2014, Kementan mengaku masih mendapatkan dukungan dari Kementrian Perhubungan dalam pengadaan alat transportasi untuk pengangkutan daging.

"Daging sapi memang masih ada kendala di transportasi, tapi tahun ini kementerian perhubungan akan memberikan dukungan pengangkutan sapi dari daerah sentral, mudah-mudahan ini menambah persediaan," tutur Suswono. (Yas/Ahm)


Baca Juga:

Revisi Aturan Kebijakan Impor Sapi Masih di Tangan DPR

Lukisan Wajah Mentan Suswono Dilelang KPK Laku Rp 7,6 Juta

Pemerintah Revisi Aturan Impor Daging Sapi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini