Sukses

Tips Bisnis ala Sandiaga Uno: Harus Berani Memulai!

CEO Saratoga Capital Indonesia Sandiaga Uno mengatakan, mental orang Indonesia dalam berbisnis masih belum cukup kuat.

Hal ini mengingat Indonesia belum memiliki budaya `risk taking` atau berani mengambil risiko. Dalam salah satu diskusi APEC di Bali, Sandiaga membagi tipsnya untuk memperbaiki mental takut gagal tersebut.

"Jangan pernah menunda saat melihat peluang bisnis. Bicara soal UKM, kalau Anda punya ide tapi cepat diterapkan, dalam waktu 30 hari saja peluang tersebut bisa hilang," ungkap dia dalam diskusi terbuka di Jimbaran, Bali seperti ditulis Rabu, (9/10/2013).

Meski demikian dia juga memaklumi proses birokrasi di dalam negeri yang seringkali berjalan lamban. Menurutnya, dalam hal ini peran pemerintah sangat penting untuk menaungi para pebisnis UKM dengan payung hukum yang bisa melancarkan pendirian atau pengembangan bisnisnya.

Sementara itu dia juga mengatakan, ada hal lain yang tak kalah penting untuk memunculkan keberanian berbisnis seseorang.

"Leadership. Anda semua butuh leader (pemimpin) yang bisa mencontohkan itu (berani ambil risko dan peluang)," tutur dia.

Dia mengatakan, kebanyakan karakter orang Indonesia pada dasarnya mudah untuk dipengaruhi. Tak hanya itu, dia juga menilai para penduduk khususnya pengusaha di dalam negeri sangat mudah untuk terinspirasi.

"Kebanyakan orang Indonesia kan mudah terinspirasi. Kalau melihat pimpinannya berubah, maka mindset-nya (pola pikir) juga bisa cepat berubah karena terinspirasi tadi," jelasnya. (Sis/fi/Nur)
Loading