Sukses

Multipolar Rogoh US$ 100 Juta Bangun Pusat Data di Cikarang

PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) memiliki rencana untuk membangun pusat data di daerah Cikarang yang akan beroperasi pada 2014.

PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) memiliki rencana untuk membangun pusat data di daerah Cikarang yang akan beroperasi pada 2014. Dana pembangunan tersebut mencapai US$ 100 juta.

"Kami akan bangun pusat data di daerah Cikarang, nantinya akan bersinergi dengan pusat data yang sudah ada sampai saat ini. Gedung pusat data tersebut bisa beroperasi di tahun mendatanga," ujar Direktur MLPT Halim D Mangunjudo ketika ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (8/7/2013).

Ia mengatakan, kalau pembangunan pusat data itu memiliki lahan seluas 12 ribu meter persegi. Pembangunan ini akan difokuskan pada pusat data tier 2 dan 3 yang dikembangkan oleh anak usaha perseroan PT Visionet International. Jika penggunaan teknologi di negeri ini hanya mampu di tier 3, tapi secara global pusat data mampu melayani hingga tier 4.

"Kalau tahap awal, perseroan menyediakan dana investasinya mencapai US$ 20 juta. Dananya itu kami ambil dari kas internal perseroan, dan sisanya bisa kita dapati lewat pinjaman perbankan," ungkapnya.

Dari total 100% pusat data, lanjut Halim, sekitar 60% pusat data akan digunakan untuk melayani di perbankan. Untuk 20% akan digunakan dalam melayani perusahaan telekomunikasi yang ada di dalam negeri.

"Untuk sisanya masih melayani data untuk pemerintahan dan small medium enterprises (SME), untuk porsinya masih berbeda," tegasnya. (Dis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini