Sukses

10 Kesalahan Berkarier yang Harus Dihindari

Seringkali orang gagal dalam pekerjaannya karena ulah dirinya sendiri. Hindari 10 kesalahan ini supaya karier Anda bisa melesat.

Sukses dalam bekerja menjadi impian banyak orang. Tapi dalam dunia kerja, tak semuanya berjalan mulus. Anda akan dihadapkan dengan berbagai karakter berbeda di tempat kerja dan suasana kantor yang terhitung rumit.

Seperti dilansir dari magforwomen, Jumat (22/6/2013), karier merupakan jalan menuju kesuksesan dan terwujudnya banyak impian. Dengan begitu, Anda tak bisa main-main dengan pekerjaan-pekerjaan di kantor.

Namun seringkali orang gagal dalam pekerjaannya karena ulah dirinya sendiri. Untuk menghindari kegagalan saat bekerja, berikut 10 kesalahan yang harus dihindari saat bekerja:

1. Tak punya rencana

Berencana merupakan hal yang sangat penting. Sebelum melamar kerja, evaluasi terlebih dulu kemampuan dan ketertarikan Anda. Hati-hati dalam memilih pekerjaan. Jangan melamar pekerjaan yang yang sama sekali tak Anda pahami bidangnya.

Memang terkadang bisa dipaksakan, tapi pada level tertentu Anda akan kesulitan mengembangkan karier. Faktanya, Anda akan bertahan lama di satu posisi. Hindari kesalahan ini akan membuat karier Anda meningkat.

2. Menghindari media sosial

Gagap teknologi merupakan kesalahan besar dalam dunia kerja. Dengan kemajuan teknologi dunia saat ini, menambah kontak dan bertemu orang baru merupakan salah satu bagian penting untuk meningkatkan karir Anda.

Dengan media yang ada, dekati banyak orang secara profesional. Selain itu, muatlah profil yang menarik tentang diri Anda sehingga orang tertarik untuk bekerja sama dengan Anda.

3. Tak memperhatikan etika kerja

Sikap dan etika Anda lebih mencerminkan kepribadian Anda. Hindarilah untuk datang terlambat. Jika Anda sedang wawancara, bicaralah dengan sopan dan jangan bersikap angkuh. Menghindari ini akan membuat karir Anda melesat.

4. Tidak mempersiapkan diri

Ini merupakan kesalahan besar yang sering dilakukan banyak orang. Terus tingkatkan kemampuan Anda sesuai bidang yang Anda geluti. Ketidaksiapan menunjukkan bahwa Anda tidak berdedikasi pada pekerjaan atau jabatan Anda.

5. Menanyakan hal pribadi rekan kerja

Kesalahan ini bisa menjauhkan Anda dari karir yang baik. Hindari untuk menanyakan gaji rekan kerja Anda, jatah liburan, dan hal-hal pribadi lainnya sangat mengganggu bagi orang lain.

6. Cepat Puas

Jangan pernah merasa cepat puas dengan apa yang Anda miliki sekarang. Hal tersebut tak berarti serakah. Pada kenyataannya, Anda harus bisa memanfaatkan peluang-peluang yang lebih baik yang tersedia di luar sana. Jangan berhenti mencari pilihan yang lebih baik untuk mengejar kesuksesan Anda.

7. Sering mengeluh

Kelemahan karier yang satu ini sangat berbahaya. Tak satu pun perusahaan yang tahan pada karyawan yang suka mengeluh. Tak hanya itu, mengeluh dapat menutup jalan Anda untuk sukses.

8. Tidak mengembangkan diri

Hal ini merupakan kekeliruan terbesar saat bekerja jika Anda tak melakukannya. Jika Anda tak menunjukkan tanda-tanda pengembangan diri, jangan harap si bos akan memperhatikan pengembangan karier Anda.

9. Kaku

Menjadi orang bersifat dingin di kantor bisa membuat orang lain enggan mendekati Anda. Hindari untuk bersikap dingin dan acuh. Bekerjalah dengan fleksibel dan lakukan semua yang diperintahkan. Dengan begitu, Anda dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan ritme kerja di kantor.

10. Tak mau bekerja keras

Satu-satunya kunci sukses dalam berkarier adalah dengan bekerja keras. Jadi jangan pernah lari dan takut untuk berjuang sementara Anda bekerja. Ingat, para bos tidak pernah suka dengan karyawan-karyawan pemalas. (Ndw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.