Sukses

Hati-hati, Anda Bisa Dipecat Gara-gara Facebook

Hampir semua kalangan di Indonesia saat ini punya akun Facebook. Mulai dari pelajar hingga pekerja kantoran, bahkan anak-anak hingga para lanjut usia juga memiliki akun Facebook. Banyak sekali aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan lewat Facebook.

Memposting status, mengomentari status teman, menyukai status orang lain, dan berbagi foto hanya sebagian kecil kegiatan mengasyikan yang disediakan Facebook.

Jangan salah, dibalik keasyikan tersebut, Facebook bisa berubah jadi media berbahaya. Anda bisa terancam di pecat karena mengakses laman jejaring sosial ini. Berikut 4 hal yang bisa bikin Anda dipecat karena Facebook seperti yang dikutip dari magforwomen.com, Selasa (4/6/2013):


1. Mengakses Facebook berlebihan saat jam kerja

Pastikan Anda tak mengakses Facebook Anda dalam waktu lama. Jika Anda tertangkap basah oleh bos atau senior saat sedang mengintip akun Facebook di jam kerja, Anda benar-benar dalam masalah. Hindari keasyikan mengupload foto-foto pribadi. Kalau sampai ketahuan, jangan heran Anda pasti dipecat.


2. Facebook berisi urusan pribadi

Hal ini yang harus Anda ingat baik-baik. Laman Facebook Anda adalah hal pribadi danĀ  pengaturan lamannya juga harus begitu. Contohnya, Anda tak masuk kantor karena mengaku sakit tapi foto-foto Anda sedang berpesta tersebar luas di akun Facebook Anda. Saat teman sekantor mengetahuinya, tak usah kaget mendapati surat pemecatan di atas meja kerja Anda.

Pastikan akun Facebook Anda hanya bisa diakses bebas oleh teman-teman atau orang-orang terpercaya. Jika Bos Anda bisa mengaksesnya, dengan beberapa klik saja, Anda bisa berada dalam bahaya. Privacy setting di Facebook memang tak menutup segala akses, tapi setidaknya bisa mengurangi potensi Anda ketahuan.


3. Salah menyukai dan mengupdate status


Pastikan Anda tak mengklik `like` pada komen atau laman yang menentang ideologi perusahaan. Jangan `share` laman dan topik yang membuat Anda terlihat bekerja untuk pihak lain. Jika Anda tertangkap melakukan aktivitas tertentu yang tak sesuai, maka jangan harap menemukan nama Anda di daftar nama karyawan.


4. Bersantai lewat Facebook

Kebanyakan orang tahu, Facebook bisa membuat Anda sangat kecanduan saat bermain games atau chatting dengan teman. Ini salah satu cara yang bisa membuat Anda dipecat gara-gara Facebook. Mengabaikan pekerjaan dan bermain-main harus dihindari saat bekerja. (Ndw)