Sukses

7 Ciri Karyawan Layak Dapat Promosi

Jika Anda seorang bos di suatu perusahaan, tentu saja Anda membutuhkan karyawan-karyawan handal yang bisa turut mengembangkan bisnis Anda. Di luar sana, banyak sekali perusahaan-perusahaan ternama yang mampu berkembang dengan pesat.

Seringali peningkatan bisnis tersebut bukan hanya karena Anda semata. Tapi karena didalamnya terdapat karyawan-karyawan yang berbakat dan inovatif.

Lalu bagaimana cara Anda mengenali karyawan Anda satu per satu. Memutuskan apakah karyawan tersebut layak dipromosikan atau tidak jelas akan makan waktu.

Tenang saja, Steve Tobak, Manajer Konsultan di Invisor Consulting yang berbasis di Silicon Valley, Amerika Serikat, telah berhasil mengidentifikasi ciri-ciri karyawan layak promosi.

Berikut tujuh ciri karyawan layak promosi seperti dilansir dari Inc.com, Rabu (29/5/2013):

1. Peduli pada perusahaan seperti miliknya sendiri.

Para inovator selalu berkaitan dengan teknologi, produk, konsep, apapun yang membuatnya tertarik. Mengurus perusahaan sama seperti anaknya sendiri. Karyawan tipe ini akan melakukan apa saja agar bisa membuatnya berkembang, bahkan meskpun perusahaan itu bukan miliknya.

2. Tak mudah terpengaruh.

Kolaborasi dan tim kerja adalah konsep perusahaan sering dipakai dan mudah dipahami. Tapi karyawan seperti ini selalu bisa memimpin dan mengarahkan pola pikir tim. Entrepreneur sejati tak pernah mau tahu bagaimana prosesnya, bagaimana proses tersebut dilakukan, dan kenapa harus dilakukan. Sekali saja dia memikirkan satu gagasan, dia akan terus berusaha mewujudkannya. Jangan coba-coba menghalanginya, tapi penuhi apa yang dibutuhkannya.

3. Mampu mengidentifikasi masalah dan menyelesaikannya.

Para pemikir dalam bisnis cenderung memiliki indra keenam untuk mengidentifikasi apa yang diinginkan konsumen atau yang benar-benar ingin dilakukannya. Hal tersebut bisa dilakukan meskipun dia dan konsumen tak saling mengenal. Karyawan tipe ini dilahirkan sebagai pemecah masalah.

4. Berani mengatakan hal yang tak ingin Anda dengar.

Kebanyakan karyawan menyembunyikan hal penting dalam perusahaan guna melindungi diri sendiri atau takut dimarahi bos. Sebaliknya ada juga karyawan yang berani mengatakan hal yang sebenarnya, meskipun Anda tak ingin mendengarnya. Jarang sekali karyawan dengan keberanian seperti ini.

5. Apapun dilakukan sambil bekerja.

Doronglah karyawan Anda untuk melakukan semuanya secara teratur saat bekerja. Tapi saat Anda menemukan karyawan yang dengan sepenuh hati melakukan pekerjaannya. Jangan banyak bertanya dan tak perlu dicegah.

6. Saat dia bicara, orang lain menyimak dan mengikuti.

Para visioner adalah para pemimpin yang natural. Saat dia bicara dengan menggebu-gebu soal gagasannya, hal tersebut akan memperngaruhi orang disekitarnya. Karyawan lain akan menyimak dan menuruti apa yang dia katakan. Jika idenya bagus, tentu saja akan sangat membantu perusahaan.

7. Selalu berusaha keras menyelesaikan pekerjaannya.

Karyawan dengan karakter seperti ini sangat menyukai tantangan. Dirinya tak akan pernah berhenti sampai bisa menaklukan tantangan kerjanya tersebut. Anda butuh orang seperti ini untuk perusahaan Anda. (Ndw)