Sukses

Len Industri Siap Produksi 500 Alat Pembayaran Otomatis di Tol

PT Len Industri (Persero) siap memproduksi alat pembayaran otomatis di jalan tol atau yang dikenal sistem on board unit (OBU). Sistem ini rencananya akan dipakai pada kendaraan pengguna jasa e-Toll untuk mengurangi antrean kendaraan pada pintu tol.

Direktur Utama PT Len Industri, Abraham Mose mengatakan, pihaknya telah menyanggupi keinginan pemerintah untuk memproduksi 500 ribu unit alat OBU pada tahun ini. "Sasarannya sudah dalam produksi dalam negeri, permintaannya sebanyak 500 ribu unit," kata Abraham, Kamis (4/4/2013).

Dia mengaku sumber dana pengadaan alat pembayaran otomatis tersebut terlaksana atas kerjasama dengan PT Bank Mandiri Tbk.

Selain pinjaman Mandiri, pendanaan juga diambil dari sumber kas internal perusahaan. Namun Abraham mengaku belum mengetahui seberapa besar kebutuhan dana produksi alat tersebut.

"Hari Senin kita putuskan dalam rapat berapa total pendanaannya, namun untuk target kita sesuaikan permintaan dari pemerintah," ungkap dia.

Direktur Utama PT Bank Mandiri Zulkifli Zaini sebelumnya menjelaskan, OBU akan digunakan pada kendaraan yang menggunakan jasa pembayaran jalan tol e-Pass.

Nantinya para pengemudi yang menggunakan jasa tersebut, tidak perlu membuka jendela jika memiliki e-Toll pass. E-Toll pass ini akan diterapkan pada gardu khusus pembayaran tol di tiga gerbang pintu tol seperti Cengkareng, Kapuk, dan Cililitan.

"Nanti pintu akan terbuka sendiri, tapi mobilnya harus dipasang alat OBU (On Board Unit). Ini terbuka dengan sistem sensor," jelas Zulkifli. (
    BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Offline ke Online