Sukses

Top 3: Rincian Komponen Gaji ke-13 PNS

Berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Senin 5 Juni 2023. Salah satunya adalah mengenai gaji ke-13 PNS yang cair mulai hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Para Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebentar lagi akan menerima gaji ke-13 yang akan cair pada Juni 2023 ini. Gaji tersebut berdasarkan dari Peraturan Pemerintah nomor 15 tahun 2023 tentang Pembayaran THR dan Gaji ke-13 ASN.

Aturan mengenai pemberikan gaji ke-13 ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2023 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan tahun 2023.

Rincian komponen gaji ke-13 yang akan cair mulai hari ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Senin 5 Juni 2023:

1. Gaji ke-13 PNS Cair Mulai Besok, Ini Rincian Komponen yang Didapat

Direktorat Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan bahwa proses pencairan gaji ke-13 bagi aparatur sipil negara (ASN) termasuk di dalamnya PNS, PPPK, TNI, Polri dan pensiunan mulai dilakukan pada 5 Juni 2023.

"Insyaallah gaji ke-13 mulai disalurkan tanggal 5 Juni dan mekanismenya seperti biasa," kata Direktur Pelaksana Anggaran Direktorat Perbendaharaan Kemenkeu Tri Budhianto, kepada Liputan6.com pada Senin 29 Mei 2023.

Aturan mengenai pemberikan gaji ke-13 ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2023 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan tahun 2023.

Simak artikel selengkapnya di sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. THR Disunat 75%, Pekerja Rumah Sakit Haji Jakarta Siap Mogok Kerja

Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia atau Aspek Indonesia mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kementerian Agama (Kemenag) menyelamatkan nasib pekerja Rumah Sakit Haji Jakarta. Pasalnya, mereka belum mendapatkan pembayaran gaji dan tunjangan hari raya (THR) sebagaimana seharusnya.

Menurut laporan serikat pekerja Rumah Sakit Haji Jakarta, para pegawai di sana hanya menerima 50 persen gaji pokok dan 25 persen THR 2023. Plus terutang pembayaran BPJS Ketenagakerjaan, dan sekelompok pekerja masih menerima upah di bawah UMP Jakarta.

Presiden Aspek Indonesia Mirah Sumirat mengatakan, tuntutan kepada pemerintah ini diberikan lantaran 93 persen saham PT Rumah Sakit Haji Jakarta dimiliki oleh Kemenag.

Simak artikel selengkapnya di sini

 

3 dari 3 halaman

3. Harga Minyak Dunia Menguat, Harga Pertamax Naik Lagi Bulan Depan?

Harga BBM non-subsidi mengalami penurunan per 1 Juni 2023. Termasuk harga Pertamax (RON 92), yang di kawasan Jabodetabek turun dari Rp 13.300 per liter jadi Rp 12.400 per liter.

Penurunan harga BBM non-subsidi tersebut turut mempertimbangkan harga publikasi Mean of Platts Singapore (MOPS), harga minyak dunia, harga rata-rata minyak mentah Indonesia (ICP), hingga pergerakan nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Namun, harga minyak mentah dunia terpantau menguat belakangan ini. Pada Jumat (2/6/2023), harga minyak Brent berjangka naik 2,49 persen menjadi USD 76,13 per barel. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik 2,34 persen menjadi USD 71,74.

Simak artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini