Sukses

Mantan Presiden AS Barack Obama Bocorkan Tips Sukses Berkarier, Ingin Tahu?

Lebih penting untuk merenungkan “apa yang ingin Anda lakukan daripada ingin menjadi apa”, katanya.

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang kariernya, mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama punya banyak kesempatan bertemu dan bekerja dengan orang sukses di dunia, dari miliarder teknologi hingga pemenang Nobel.

Saat itu, ketika dia duduk dengan pemimpin redaksi LinkedIn Dan Roth dalam sebuah platform podcast “This is Working”, Barack Obama menjelaskan bahwa orang paling sukses adalah orang yang benar-benar tertarik dan bersemangat menjalani pekerjaan yang mereka tekuni.

Dia mengutip Bill Gates dan ketertarikannya pada komputer sebagai contoh.

Lebih penting untuk merenungkan “apa yang ingin Anda lakukan daripada ingin menjadi apa”, katanya.

“Saya pikir begitu sering orang berpikir ‘Saya ingin menjadi anggota kongres pada usia 30. Saya ingin menghasilkan uang sejumlah X pada usia ini’,” kata dia seperti mengutip CNBC, Senin (5/6/2023).

Akan tetapi, jika bersemangat dan memiliki minat yang tulus pada pekerjaan yang dilakukan, Anda akan memiliki “karier yang luar biasa”, kata Obama.

Ketika Anda “menyerap apa yang Anda lakukan”, tambahnya, “salah satu dari dua hal akan terjadi. Entah Anda akan menjadi sangat ahli dalam hal itu, dihargai atau diakui, Anda mendapatkan posisi itu. Anda mau atau tidak, perjalanan itu akan menyenangkan.

Sementara itu, ini bukan pertama kalinya mantan presiden itu berbagi kiat sukses di tempat kerja. Salah satu hal tersulit tetapi terpenting yang harus Anda lakukan untuk mencapai tujuan karier, adalah merasa nyaman dengan kegagalan.

Orang-orang paling sukses di dunia, katanya, juga adalah orang-orang “yang paling banyak mengalami kegagalan”. Misalnya, Michael Jordan, yang dikeluarkan dari tim bola basket sekolah menengahnya, bertahun-tahun sebelum dia menjadi salah satu pemain bola basket profesional terhebat. pemain sepanjang masa.

“Anda tidak bisa membiarkan kegagalan menentukan Anda. Anda harus membiarkan kegagalan Anda mengajari Anda,” katanya. “Anda harus membiarkan mereka menunjukkan kepada Anda apa yang harus dilakukan secara berbeda di lain waktu. Tidak ada yang terlahir baik dalam segala hal … Anda menjadi baik dalam berbagai hal melalui kerja keras.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Film Favorit Barack Obama di Tahun 2022, Apa Saja?

Sebelum akhir tahun 2022, Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama kembali merilis daftar hal-hal favoritnya, mulai dari musik, film, dan buku. Untuk kategori film, terdapat 17 judul yang menjadi favorit suami Michelle Obama ini. 

"Saya melihat beberapa film hebat tahun ini – inilah beberapa favorit saya. Apa yang saya lewatkan?" tulis Obama di caption media sosialnya.

The Fabelsman karya Steven Spielberg ditulis di urutan paling teratas. Film semi-otobiografi ini berada tepat di atas film Korea Selatan Decision to Leave karya Park Chan-wook dan The Woman King karya Gina Prince-Bythewood yang dibintangi Viola Davis.

Di bawahnya, menyusul film drama Aftersun karya Charlotte Wells, film thriller Emily the Criminal karya John Patton Ford, dan film asal Prancis Petite Maman karya Céline Sciamma yang sebelumnya juga membuat film Portrait of a Lady on Fire (2019).

Obama juga menyebut film Descendant karya Margaret Brown sebagai film favoritnya. Sebagai informasi, film ini diproduksi oleh Higher Ground, perusahaan produksi yang didirikan oleh Obama dan istrinya, Michelle Obama, pada 2018.

Lalu lanjut film Prancis lain berjudul Happening karya Audrey Diwan dan Till karya Chinonye Chukwu, sebelum kemudian menyebut dua film besar yakni Everything Everywhere All at Once karya Daniel Kwan dan Daniel Scheinert. Ada juga film Top Gun: Maverick karya Joseph Kosinski.

Enam film lainnya adalah film Spanyol The Good Boss karya Fernando León de Aranoa, film Jepang Wheel of Fortune and Fantasy karya Ryusuke Hamaguchi, film Iran A Hero karya Asghar Farhadi, dan Hit the Road karya Panah Panahi. Kemudian, ada film Jerman Tár karya Todd Field, dan terakhir After Yang karya Kogonada.

3 dari 3 halaman

2021

Dibandingkan tahun sebelumnya, saat itu Obama hanya menyebut ada 14 judul film favorit sepanjang 2021. Tiga film di antaranya berhasil masuk nominasi Best Picture Academy Awards 2022.

Ketiga film yang masuk nominasi Best Picture Academy Awards 2022 adalah Drive My Car karya Ryusuke Hamaguchi, The Power of the Dog karya Jane Campion, dan West Side Story karya Steven Spielberg.

Menurut Obama, masing-masing dari 14 film itu "menceritakan kisah yang kuat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini