Sukses

Karya Anak Bangsa Dukung Peningkatan Produksi Migas

PT Sukses Abadi Petrokimia (SAPETRO) memasok Pertamina Smooth Fluid (SF) sebagai karya anal bangsa, untuk mendukung pengeboran sumur minyak dan gas bumi (migas) di blok pangkah

Liputan6.com, Jakarta PT Sukses Abadi Petrokimia (SAPETRO) memasok Pertamina Smooth Fluid (SF) sebagai karya anal bangsa, untuk mendukung pengeboran sumur minyak dan gas bumi (migas) di blok pangkah yang dimiliki oleh PGN Saka sehingga dapat mendukung produksi migas nasional.

Region Manager Corporate Sales JBB Arif Rahman SF yang dihasilkamPetrochemical Industry Business PT Pertamina Patra Niaga melalui tim Corporate Sales Region Jawa Bagian Barat (JBB) telah berhasil melakukan penyaluran perdana melalui distributornya SAPETRO kepada PT. COSL Indonesia selaku mud services yang melayani PGN Saka .

"Penyaluran Produk ke PGN Saka merupakan bentuk nyata semakin kuatnya Kolaborasi antar Subholding di Pertamina mulai dari di Produksi di Kilang Pertamina Internasional, di pasarkan Pertamina Patra Niaga sampai dengan di gunakan di Hulu yaitu saat ini di PGN Saka Blok Pangkah," kata Arif, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Senin (15/5/2023).

Smooth Fluid sendiri merupakan produk hasil inovasi Anak Negeri Perwira Pertamina dari Research & Technology Innovation (RTI) dan upstream inovation. Produk ini digunakan sebagai Base Fluid yang merupakan Komponen Utama lumpur pengeboran berbasis minyak (oil base mud) digunakan oleh perusahaan K3S dalam melakukan pengeboran minyak atau gas.

Selain dari tingkat TKDN yang tinggi yaitu 92 persen untuk Produk SF-02 dan 75 persen untuk Produk SF-05, produk ini memiliki Kestabilan dan Rheology yang sangat baik dan juga yang terpenting ramah terhadap lingkungan dengan kandungan aromatik dan sulfur yang sangat rendah.

"Produk Smooth Fluid produksi dalam negeri terbukti dapat bersaing dengan produk import penggunaan Smooth Fluid selain meningkatkan kandungan TKDN, dengan segala keunggulan dan kualitasnya telah terbukti dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam aplikasi pengeboran. Pertamina saat ini juga telah mengembangkan produk SF-04 produksi Kilang Cilacap dan Produk SF-02 Produksi Kilang Dumai untuk lebih mendekatkan produk Smooth Fluid ke Pelanggan KKKS guna mendukung kegiatan hulu migas di Indonesia," jelas Arief.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Pengiriman yang diterima oleh PT. COSL Indonesia di warehouse plant Tuban telah berhasil disalurkan sebanyak 1580 Barrels dan masih akan bertambah seiring baru dimulainya pengeboran lepas pantai tersebut.

"Maksud kedatangan kami bersama tim Pertamina Patra Niaga ke warehouse COSL Indonesia adalah sebagai bentuk komitmen kami terhadap kelancaran produk yang dikirimkan juga kesamaan kualitas dan kuantitas agar pengguna yaitu PGN Saka dapat betul - betul merasakan kualitas terbaik dari Smooth Fluid. Selain itu tidak lupa kami juga menyampaikan bahwaProduk yang baik ini akan terus berkembang seiring dengan peningkatan kemampuan produksi Smooth Fluid Series dari PT. Kilang Pertamina Internasional," ujar Direktur Utama SAPETRO Niko Atmaja.

Penyaluran Smooth Fluid di Tuban ini dihadiri oleh Bpk. Gatot Prasetyo Ginting sebagai perwakilan COSL Indonesia, Bpk. Faisal Rahman (Key Account Special Chemical) dan Bpk. M. Yosa Ario Sadewo (Sales Branch Manager Petrochemical I) dari Pertamina Patra Niaga, serta Bpk. Niko Atmaja (Direktur Utama) dari PT. Sukses Abadi Petrokimia (SAPETRO).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari

    Gas Bumi

  • migas

  • minyak

Video Terkini