Sukses

Top 3: Polemik Impor KRL dari Jepang

Berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Kamis 2 Maret 2023.

Liputan6.com, Jakarta - PT KCI harus mempensiunkan 10 rangkaian KRL Jabodetabek pada 2023 ini, dan 16 rangkaian di tahun depan. Sebagai gantinya,PTKCIakan mengimpor KRL bekas dari Jepang.

Namun rencana impor ini tidak disetujui oleh  Kementerian Perindustrian dengan alasan pemerintah tengah meningkatkan produksi dalam negeri serta substitusi impor melalui Program Peningkatan Pengguna Produk Dalam Negeri (P3DN).

Wakil Ketua Komisi VII  Bambang Haryadi mendukung keputusan Kemenperin dan menentang PT KCI  mendatangankan KRL bekas dari Jepang sebagai pengganti 10 rangkaian KRL Jabodetabek pada 2023. Menurutnya, rencana impor tersebut tidak sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi yang ingin mengutamankan penggunaan industri dalam negeri.

Artikel mengenai polemik impor KRL ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak. Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Kamis 2 Maret 2023: 

1. Wakil Ketua Komisi VII Dukung Kemenperin Tolak Impor KRL Bekas: Jangan Sampai Baru Dipakai Sebulan Sudah Mogok

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menolak rencana  impor kereta rel listrik (KRL) yang diajukan oleh PT KCI. Penolakan ini  karena industri kereta api nasional dianggap mampu memproduksi semua kebutuhan kereta di dalam negeri.

Wakil Ketua Komisi VII  Bambang Haryadi mendukung keputusan Kemenperin dan menentang PT KCI  mendatangankan KRL bekas dari jepang sebagai pengganti 10 rangkaian KRL Jabodetabek pada 2023.

Simak artikel selengkapnya di sini  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Rafael Alun Trisambodo Mengaku Rubicon yang Dipakai Mario Dandy Satriyo saat Aniaya David Milik Sang Kakak

Pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo mendapat sorotan publik karena anaknya yaitu Mario Dandy Satriyo melakukan penganiayaan hingga korbannya koma. Selain itu, ia juga mendapat sorotan karena sang anak sering pamer harta seperti mengendarai mobil Jeep Rubicon hingga Motor Harley Davidson.  

Rafael pun buka suara soal pamer harta tersebut. Saat diklarifikasi oleh Kementerian Keuangan, Rafael Alun trisambodo mengaku bahwa mobil Jeep Rubicon yang digunakan Mario Dandy Satriyo saat melakukan penganiayaan bukan mobil pribadinya melainkan milik kakaknya. 

"Mobil Robicon diakui RAT bukan miliknya tetapi pihak lain. Robicon ini milik kakaknya," kata Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara.

Simak artikel selengkapnya di sini 

 

3 dari 3 halaman

3. Harga BBM Terbaru di SPBU Pertamina, Shell, dan BP AKR per 1 Maret 2023

Sejumlah perusahaan penjual BBM di Indonesia menerapka harga BBM baru per 1 Maret 2023. Perubahan harga BBM ini dilakukan untuk jenis non-subsidi, seperti Pertamina dengan produk Pertamax Cs.

Tidak hanya Pertamina, di SPBU Shell dan BP AKR juga mengalami perubahan. Update harga BBM non-subsidi ini memang biasa dilakukan perusahaan menyesuaikan harga minyak dunia.

Lantas, SPBU mana yang kini menjual BBM paling murah? Berikut perbandingan harga BBM terbaru di SPBU Pertamina, Shell, dan BP-AKR berlaku 1 Maret 2023.

Simak artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini