Sukses

Maskapai Emirates dan Etihad Bakal Investasi di Garuda Indonesia

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dikabarkan mendapatkan komitmen investasi asing dari maskapai asal Timur Tengah yaitu Emirates dan Etihad.

Liputan6.com, Jakarta PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dikabarkan mendapatkan komitmen investasi asing dari maskapai asal Timur Tengah. Menanggapi, Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, mengungkapkan saat ini masih dalam tahap negosiasi dengan maskapai yang bersangkutan.

Namun, anak buah Menteri BUMN ini belum bisa membocorkan siapa investor asing tersebut. Tapi yang pasti, setelah negosiasi selesai akan diumumkan kepada publik.

"Kalau lagi negosiasi itu kan enggak boleh terlalu terbuka juga, nanti bisa berubah-berubah kan kita enggak enak jadi tunggu saja," katanya kepada awak media di kantor Kementerian BUMN, Rabu (8/2/2023).

Lebih lanjut, Garuda Indonesia juga membuka opsi komitmen pendanaan lain, artinya tidak terfokus pada investor asing saja. Melainkan juga membuka komitmen pendanaan melalui investor domestik untuk pengembangan Garuda Indonesia.

"Pokoknya semua kita buka, mau lokal kita buka kalau ada nasional nih yang mau masuk silakan mau internasional mengembangkan Garuda lebih punya jaringan lebih baik lagi," ujarnya.

Sebelumnya kabar tersebut telah berhembus dari Menteri BUMN Erick Thohir pada 2022 lalu. Dia bicara soal rencana dua maskapai besar Uni Emirat Arab, Emirates dan Etihad untuk menanamkan investasi ke Garuda Indonesia. 

Tapi saat itu, Erick Thohir belum mau berbicara banyak, karena masih ingin fokus terhadap proses restrukturisasi maskapai pelat merah tersebut.

Kini Garuda Indonesia sudah melakukan restrukturisasi Perseroan setelah lolos dari sidang Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Garuda Indonesia Jadi Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia sepanjang 2022

Garuda Indonesia berhasil meraih predikat maskapai penerbangan global paling tepat waktu (The Most Punctual Global Airline) di sepanjang 2022. Gelar itu berdasarkan data OAG Flightview, lembaga riset independen asal Inggris yang menilai kinerja tingkat ketepatan waktu maskapai dunia.

Melansir data Punctuality League 2023 oleh OAG Flight View, Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tingkat ketepatan waktu sebesar 95,63 persen.

Sekaligus mencatatkan capaian tingkat ketepatan waktu tertinggi yang pernah diraih perseroan pada pemeringkatan tersebut sejak 2019 lalu, dimana Garuda Indonesia turut mencatatkan peningkatan peringkat dari posisi nomor 2 pada pemeringkatan data punctuality league di periode sebelumnya.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pencapaian tersebut merupakan wujud konsistensi maskapai dalam memaksimalkan kinerja dan kualitas layanannya. Khususnya melalui tingkat ketepatan waktu sebagai esensi utama dari kepercayaan masyarakat terhadap sebuah layanan penerbangan.

"Di tengah dinamika industri penerbangan, khususnya selama 3 tahun terakhir, kami percaya konsistensi terhadap kualitas layanan penerbangan merupakan fundamen utama yang perlu dijaga. Hal ini akan terus kami kedepankan sejalan dengan misi transformasi kinerja perusahaan yang akan kami akselerasikan ke depannya," kata Irfan, Rabu (11/1/2023).

 

3 dari 3 halaman

Terus Dijaga

Irfan melanjutkan, bertepatan dengan momentum pemulihan industri pariwisata yang hingga saat ini terus dioptimalkan, pihaknya berharap capaian tingkat ketepatan waktu ini dapat terus dijaga dengan baik.

"Diantaranya, dengan berkoordinasi secara intensif serta mengoptimalkan lini layanan operasional bersama seluruh pemangku kepentingan, agar dapat selalu mengedepankan Operational Excellence terhadap seluruh pengguna jasa," imbuhnya.

Lebih lanjut, Irfan menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengguna jasa Garuda Indonesia, yang turut memberikan kontribusi terhadap capaian tersebut, dengan selalu melakukan rangkaian proses pre-flight. Termasuk check-in dan boarding tepat waktu, yang turut menunjang kelancaran dan ketepatan jadwal penerbangan hingga tiba di tempat tujuan.

“Kami menyadari bahwa segala capaian yang kami raih tentunya tidak terlepas dari dukungan seluruh stakeholders, karyawan, dan pengguna jasa Garuda Indonesia. Karena itu, capaian ini akan terus menjadi motivasi kami untuk senantiasa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, khususnya dalam menghadirkan layanan penerbangan yang aman, nyaman, dan tepat waktu," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.