Sukses

Lewat ArtOs, Sandiaga Uno Bidik Pariwisata Banyuwangi Naik Kelas

Menteri Parwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, menyambut baik penyelenggaraan acara ArtOs (Art Osing) Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Parwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, menyambut baik penyelenggaraan acara ArtOs (Art Osing) Nusantara.

Menurut Sandiaga Uno, ArtOs merupakan event yang unik dan menjadi bagian dari pengembangan pariwisata di Banyuwangi, Jawa Timur. Karena itu, Sandiaga Uno berharap event spektakuler tersebut nantinya akan berdampak positif bagi semua stakeholders.

"Event ArtOs yang akan digelar bulan Mei 2023 mendatang kami harapkan mampu memberikan multiflier effect positif bagi semua pemangku kepentingan baik lokal, nasional, bahkan internasional," kata Sandiaga Uno usai menerima audiensi panitia penyelenggara ArtOs dikutip Selasa (7/2/2023).

Founder ArtOs, Imam Maskun mewakili panitia penyelenggara menghaturkan terima kasih kepada bapak Sandiaga Uno selaku Menparekraf yang telah mendukung kolaborasi ArtOs dengan semua stakeholders, antara lain Starx, Vexanium, RPM, dan Improduction.io.

"Kami berharap dengan kolaborasi ini dapat mengangkat seni di Indonesia khususnya seniman lokal Banyuwangi dan tentunya membantu mengangkat pariwisata di Banyuwangi," kata Imam Maskun.

Sementara itu, founder & CBO Starx, Eldo Kusuma mengaku senang bisa berkolaborasi dengan komunitas seni lokal Banyuwangi dengan karya-karyanya yang luar biasa.

Pihaknya ingin membantu mengakselerasi karya seni Indonesia to the next level bahkan ke tingkat global.

"Salah satunya dengan mensuport semua teknologi dan juga ekosistem Web3 yang dibutuhkan," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Industri Seni

CEO RPM, Octav Panggabean berharap kolaborasi seniman dan musisi dengan balutan teknologi ini bisa berdampak siginifikan untuk industri seni dan juga musik.

"Sekaligus memberikan dampak langsung kepada para seniman dan juga musisi itu sendiri," imbuhnya.

ArtOs Nusantara merupakan event yang akan menyuguhkan berbagai eksebisi seni, antara lain seni lukis, seni patung, seni instalasi, seni multimedia, seni pertunjukan dan seni musik yang prestis di Banyuwangi.

Adapun perhelatan event ini panitia penyelenggara ArtOs berkolaborasi dengan perusahaan teknologi Starx, RPM, Vexanium dan juga artis nasional seperti Sania. Kolaborasi dalam bentuk roadmap Web3 seperti NFT Musik & Lukisan juga Metaverse Exhibition Platform.

Event ArtOs yang akan digelar pada 20-28 Mei 2023 di pantai Marina Boom, Banyuwangi dengan misi 'Mempromosikan karya seni dan pariwisata Banyuwangi' itu akan didukung oleh berbagai seniman lokal, diantaranya S.Yadi. K, Faizin. Seniman nasional, seperti Nasirun, Iwan Yusuf, Anagard, Putu Sutawujaya, Ugo Untoro, Budi Ubruk, Katirin, Erika, Ketut Putrayasa, dan masih banyak lagi.

3 dari 4 halaman

Sandiaga Uno Targetkan Penonton Asing MotoGP 2023 di Mandalika Naik 17 Persen

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menargetkan MotoGP 2023 yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, bisa menggenjot kunjungan wisatawan asing ke Indonesia. Direncanakan pelaksanaan balap MotoGP 2023 di Mandalika berlangsung pada akhir Oktober 2023.

"Target tahun lalu 10 persen. Tahun ini bisa naik 15--17 persen dari total 200 ribu (tiket) selama tiga hari, dapat datang dari luar negeri," kata Sandi dalam jumpa pers seusai peluncuran 'Memperkenalkan Gresini Racing penggemar MotoGP di Indonesia' di Jakarta, Senin, 6 Februari 2023.

Untuk itu, sejumlah persiapan sudah dimulai sejak sekarang agar bisa menggelar acara lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini, Kemenparekraf kembali menggandeng tim Gresini dari Italia untuk mempromosikan Wonderful Indonesia. Sejumlah brand lokal Indonesia, seperti Antangin, Federal Oil, Aspira, dan MS Glow, difasilitasi untuk mensponsori tim tersebut.

"Ini bentuk kolaborasi serta inovasi dalam pemasaran Wonderful Indonesia dan produk-produk merek dalam negeri yang kita miliki untuk bisa lebih buka peluang mereka untuk go global, untuk ekspor," kata Sandi.

Ia menyatakan tak ada syarat khusus yang spesifik diberlakukan untuk brand yang berminat mensponsori Gresini. Namun, ia menjanjikan keterlibatan brand lokal dalam ajang tersebut akan bisa meningkatkan paparan mereka terhadap dunia internasional mengingat ajang balap itu setidaknya ditonton 500 juta orang per dua minggu.

"Dengan go international, ada permintaan meningkat, sehingga target ekspor bisa meningkat. Target devisa dari sektor ekraf sebesar 26 miliar dolar (AS) ini diharapkan bisa tercapai," sambung Sandi. 

4 dari 4 halaman

Dampak Ekonomi

Pada tahun lalu, penyelenggaraan MotoGP di Mandalika memberi dampak ekonomi hingga Rp75,8 triliun, baik langsung maupun tidak langsung. Event internasional itu juga sekaligus mempromosikan Lombok sebagai destinasi wisata unggulan Indonesia selain Bali, khususnya di bidang wisata olahraga.

"Ini dampak langsung dari event berkelas dunia yang kita gelar. Semoga target 7,4 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun ini bisa terwujud, yang terpenting juga pergerakan wisatawan nusantara 1,4 miliar bisa dicapai dengan hadirnya beragam event," imbuh Sandi.

Dia berharap kolaborasi tersebut akan memberi keberuntungan bagi tim Gressini, khususnya dua pebalap mereka, yani Fabio Di Giannantonio (Diggia) dan Alex Marquez. Tahun lalu, tim Italia non-pabrikan itu berhasil finish di posisi 3 pada MotoGP 2022 dan Enea Bastianini sempat naik podium empat kali sepanjang musim 2022.

"Tolong dukung Fabio dan Alex. Ini wadah kita berjejaring, bermanfaat," kata Sandi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.