Sukses

Top 3: Masyarakat Cuma Bisa Bertahan 3 Minggu Jika Lockdown

Berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Kamis 2 Februari 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersyukur telah melewati masa pandemi Covid-19 tanpa melakukan lockdown. Alasannya, jika kebijakan lockdown dijalankan pasti akan membuat ekonomi masyarakat Indonesia berantakan terutama untuk kelas menengah ke bawah.

Jokowi pun bersyukur dirinya selaku pemimpin negara bisa mengatasi kondisi itu dengan kepala jernih. Sehingga tidak terburu-buru melakukan penutupan sosial seperti dilakukan banyak negara lain.

Artikel mengenai kemampuan ekonomi masyarakat kelompok menengah bawah jika pemerintah menjalankan kebijakan lockdown ini menjadi salah satu artikel yang paling banyak dibaca.

Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak. Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Kamis 2 Februari 2023:

1. Jokowi: Ekonomi Masyarakat Hanya Bertahan 3 Minggu Saja Hadapi Lockdown

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersyukur telah melewati masa pandemi Covid-19 tanpa melakukan lockdown. Sebab menurut perhitungannya, kemampuan ekonomi masyarakat kelompok menengah bawah hanya mampu bertahan tiga pekan saja bila kebijakan itu diimplementasikan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri Mandiri Investment Forum (MIF) 2023 bersama para jajaran menteri kabinetnya di Fairmont Hotel, Jakarta, Rabu (1/2/2023).

Simak artikel selengkapnya di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Harga BBM Shell Terbaru Berlaku Hari Ini 1 Februari 2023, Ada yang Naik

Selain Pertamina yang menaikkan harga BBM nonsubsidi jenis Pertamina Dex dan Pertamax Turbo, lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) Shell ikut menyesuaikan harga BBM miliknya. Harga BBM naik ini berlaku mulai 1 Februari 2023.

Sebagian besar harga BBM milik Shell naik seperti Shell Super, Shell V-Power, Shel V-Power Diesel hingga Shell V-power Nitro+.

Namun, Shell menurunkan harga BBM miliknya jenis Shell Diesel Ekstra di wilayah Jawa Timur. Di mana harga BBM Shell Diesel extra turun dari Rp 16.310 di Januari menjadi Rp 16.260 per liter.

Simak artikel selengkapnya di sini. 

3 dari 3 halaman

3. Menko Airlangga: Indonesia Punya 2.477 Startup, 9 Unicorn dan 2 Decacorn

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, ekonomi digital menjadi salah satu sektor yang tumbuh dengan signifikan. Hal ini ditandai dengan terus berkembangnya aktivitas perdagangan secara digital.

Pada 2020, layanan ekspor global yang dilakukan secara digital telah mencapai 64 persen dan terbukti mampu bertahan di masa pandemi.

Transformasi digital juga telah mendorong ekonomi digital tampil sebagai kekuatan baru perekonomian di Asia Tenggara. Tercatat pada 2021, nilai ekonomi digital di Asia Tenggara sebesar USD174 miliar, dan jumlah tersebut bahkan diprediksi dapat meningkat mencapai USD 1 triliun pada 2030.

Simak artikel selengkapnya di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini