Sukses

Erick Thohir Sambut Indonesia Jadi Ketua ASEAN 2023 dengan Naik Sepeda

Menteri BUMN Erick Thohir memastikan Indonesia akan melakukan yang terbaik dalam menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan forum kawasan ASEAN di 2023

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan forum kawasan ASEAN di 2023 ini. Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan akan memberikan yang terbaik tanpa ragu.

Sejumlah tokoh negara mulai dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, hingga Erick Thohir mengayuh sepeda sebelum dibukanya secara resmi keketuaan Indonesia di ASEAN 2023.

Menurut Erick, mengayuh sepeda dilakukan tanpa ragu. Sama halnya, yang akan diberikannya dalam penyelenggaraan forum kawasan Asia Tenggara tersebut. Dia juga mengutip lagu pop dari RAN.

"Kalau kata lagunya @ranforyourlife: “Kayuh sepedaku.. Oh tanpa sedikitpun ragu..," tulisnya melalui akun Instagram @erickthohir, Minggu (29/1/2023).

"Sama seperti Indonesia yang menjadi ketua penyelenggaraan KTT ASEAN 2023. Tahun ini kita akan berikan yang terbaik tanpa ragu. Mohon doa dan dukungannya. Indonesia for ASEAN," sambung Erick.

Pria kelahiran Jakarta itu membagikan momen bersepeda bersama jajaran kabinet Jokowi. Video singkat yang diunggahnya memperlihatkan momen bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Pada beberpaa kesempatan lainnya, terlihat juga ada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang berbincang dengan Jokowi. Tak sedikit, orang-orang memanggil nama Erick Thohir ketika terlihat melintas di jalanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dari Istana ke Sarinah

Video dibuka dengan Erick yang mengenalkan Menteri Retno yang tengah bersiap. Tak lama, datang Menko Polhukam Mahfud MD.

"Jadi dari Istana Merdeka ke Sarinah," kata Erick.

"Acara apa sih bu?," tanya Erick ke Menteri Retno.

Sambil mengenakan helm sepeda, Retno menjawab kalau rombongan kabinet Jokowi bersepeda dalam rangka membuka keketuaan ASEAN 2023.

"Acara kick off keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, semangat, InsyaaAllah kita sukses," jawab Menlu Retno.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Buka Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi memulai keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini. Keketuaan ini dipegang Indonesia setelah Indonesia menjadi tuan rumah G20.

Acara pembukaan ini dilaksanakan oleh pemerintah di Bundaran HI pada Minggu (29/1/2023).

Presiden menyebut Indonesia menjadi ketua ASEAN meski situasi global sedang sulit. Tetapi, Jokowi optimistis ASEAN tetap menjadi kekuatan yang relevan.

"Tahun ini Indonesia menjadi ketua ASEAN di tengah-tengah situasi global yang sangat tidak mudah. Krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan, semuanya perang, semuanya sedang terjadi," ujar Presiden Jokowi.

"Tetapi saya meyakini bahwa ASEAN masih penting dan relevan bagi rakyat, bagi kawasan, dan bagi dunia. Bahwa ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas Indo-Pasifik. Bahwa ASEAN akan terus dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan ASEAN Matters. Epicentrum of Growth," tegasnya.

 

4 dari 4 halaman

Perwakilan Negara Lain

Sejumlah perwakilan negara asing ikut hadir mendengarkan pidato singkat Jokowi, seperti Duta Besar Selandia Baru untuk ASEAN Stuart Calman dan Duta Besar Singapura untuK ASEAN Kok Li Peng.

Setelah selesai pidato singkat, Presiden Jokowi berfoto dengan para pejabat pemerintah dan perwakilan asing, kemudian ia turun panggung dan berjalan ke arah Thamrin. Sejumlah warga berjejejer di pinggir jalan untuk menyapa presiden Jokowi.

Pada acara tersebut, ada juga pawai kostum tradisional dari berbagai daerah Indonesia. Para Abang-None Jakarta juga tampil di acara ASEAN tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.