Sukses

KAI Pastikan Harga Tiket Kereta Api Jarak Jauh Tak Naik

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menegaskan tidak terjadi kenaikan harga tiket KA jarak jauh secara signifikan.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) menegaskan tidak terjadi kenaikan harga tiket kereta api jarak jauh secara signifikan. Tarif KA jarak jauh dipastikan selalu berada dalam Tarif Batas Bawah (TBB) - Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditetapkan.

VP Public Relations KAI Joni Martinus, menyampaikan pelanggan tidak perlu khawatir karena sejauh ini operasional perjalanan kereta api berjalan dengan normal.

"Harga tiket/ Tarif KA Komersial sifatnya fluktuatif menyesuaikan dengan demand dari pelanggan. Tarifnya juga kami pastikan selalu berada dalam Tarif Batas Bawah (TBB) - Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditetapkan," kata Joni kepada Liputan6.com, Sabtu (28/1/2023).

Adapun untuk KA-KA yang sifatnya mendapatkan Public Service Obligation (PSO), tarifnya selalu tetap sesuai dengan tarif yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Disisi lain, guna memberikan alternatif, KAI juga menjual tiket ke berbagai tujuan dalam berbagai kelas dan subkelas. Tujuannya agar pelanggan dapat memilih tarif yang diinginkan sesuai dengan kebutuhannya.

Selain itu, KAI juga menyediakan Tarif Khusus dimana pelanggan dapat membeli tiket dengan tarif lebih murah khusus untuk rute dan KA-KA tertentu. Tiket dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access atau loket stasiun maksimal 2 jam sebelum keberangkatan.

"Dalam rangka untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan, KAI juga rutin menyediakan event promo diskon tiket serta menyediakan Tarif Reduksi bagi lansia, infant, wartawan, dan berbagai instansi lainnya," ujarnya.

KAI juga terus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan dari pemerintah.

Sebelumnya, beredar postingan di sosial media gambar bertuliskan "Pray for justice and honesty in KAI". Gambar tersebut dianggap sebagai keluhan masyarakat terkait tiket kereta api semakin mahal.

"Terkait postingan tersebut, akan kami pelajari lebih lanjut apa yang dipermasalahkan oleh akun-akun anonim tersebut," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Promo Tiket Kereta Api Mulai Rp 100 Ribu Jelang Tahun Baru Imlek, Cek Rutenya

Pada momen tahun baru Imlek 2023, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan promo tiket Kereta Api New Year Deals.

Pada program promo tiket kereta tersebut secara total KAI menyediakan 18.576 tiket melalui operasional 38 KA dengan berbagai relasi, dari 38 Ka tersebut 27 Ka diantaranya keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta yakni Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir.

"Tarif promo diberikan mulai dari harga Rp100.000,- untuk kelas ekonomi, Rp 150.000,- untuk kelas bisnis dan Rp 200.000,- untuk kelas Eksekutif," kata Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (19/1/2023).

Promo New Year Deals berlaku untuk pembelian dari aplikasi KAI Access mulai 20 s.d 31 Januari 2023 untuk keberangkatan 21 Januari-7 Februari 2023.

Masyarakat dapat segera melakukan pengecekan ketersediaan tiket promo tersebut melalui KAI Access karena kuota tiket promo yang disediakan terbatas.

Melalui KAI Access harga tiket kereta akan langsung mencantumkan tarif promo, masyarakat dapat memilih dan langsung melakukan transaksi selama persediaan masih ada.

Berikut daftar 27 Kereta Api yang berangkat dari area wilayah Daop 1 Jakarta pada program tiket promo untuk berbagai rute :

1.Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasar Turi pp)

2.Argo Dwipangga (Gambir - Solo Balapan pp)

3.Argo Lawu (Gambir - Solo Balapan pp)

4.Argo Muria (Gambir - Semarang Tawang pp)

5.Argo Sindoro (Gambir - Semarang Tawang pp)

6.Bangunkarta (Pasar Senen - Jombang pp)

7.Bima (Gambir - Surabaya Gubeng pp)

8.Brantas (Pasar Senen - Blitar pp)

9.Brawijaya (Gambir - Malang pp)

10.Dharmawangsa (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi pp)

3 dari 4 halaman

Rute Lain

11.Fajar Utama Solo (Pasar Senen - Solo Balapan)

12.Fajar Utama Yk (Pasar Senen - Yogyakarta pp)

13.Gajayana (Gambir - Malang pp)

14.Gaya Baru Malam Selatan (Pasar Senen - Surabaya Gubeng pp)

15.Gumarang (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi pp)

16.Jayabaya (Pasar Senen - Malang pp)

17.Jayakarta (Pasar Senen - Surabaya Gubeng pp)

18.Kertajaya (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi pp)

19.Kutojaya Utara (Jakarta Kota - Kutoarjo pp)

20.Mataram (Pasar Senen - Solo Balapan pp)

21.Matarmaja (Pasar Senen - Malang pp)

22.Progo (Pasar Senen - Lempuyangan pp)

23.Purwojaya (Gambir - Cilacap pp)

24.Sembrani (Gambir - Surabaya Pasar Turi pp)

25.Senja Utama Solo (Pasar Senen - Solo Balapan pp)

26.Senja Utama Yk (Pasar Senen - Yogyakarta pp)

27.Singasari (Pasar Senen - Blitar pp)

4 dari 4 halaman

Lewat Aplikasi

Untuk memudahkan transaksi dan melihat ketersediaan tiket, Daop 1 Jakarta menghimbau agar masyarakat dapat mengunduh aplikasi KAI Access di Google Play Store maupun Apple App Store. Selain untuk pemesanan tiket, KAI Access juga memiliki fitur perubahan jadwal dan pembatalan tiket, layanan first mile dan last mile, pemesanan dan informasi dari layanan KAI Group, dan lainnya.

Sejumlah fitur pembayaran juga tersedia melalui KAIPay untuk keamanan, kemudahan, dan kecepatan bagi para pelanggan KAI saat bertransaksi di aplikasi KAI Access. Selain untuk pembayaran tiket kereta, KAIPay juga dapat digunakan untuk pembayaran di berbagai merchant melalui QRIS.

Informasi lebih lanjut terkait promo New Year Deals, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.