Sukses

Puncak Arus Mudik Pakai Pesawat, Bandara Soetta Membludak Sejak Subuh

Prediksi pergerakan penumpang hari ini Jumat 23 Desember 2022 di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) mencapai 142.807 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Pengelola Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang Banten memprediksi, bila hari ini, 23 Desember 2022, menjadi puncak pergerakan penumpang dan pesawat. Penumpang pun memadati Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 sejak subuh tadi.

Dari data yang diperoleh, prediksi pergerakan penumpang baik kedatangan dan keberangkatan di Terminal 1 mencapai 26.531 orang, lalu di Terminal 2 mencapai 47.702 orang, dan di Terminal 3 mencapai 68.574 orang.

Sehingga total prediksi pergerakan penumpang hari ini di Bandara Soetta mencapai 142.807 pax.

"Untuk pergerakan pesawat, kedatangan mencapai 483 pesawat dan keberangkatan 489 pesawat. Sehingga total prediksi pergerakan pesawat di hari ini mencapai 972 penerbangan," ungkap SM of Branch Communication & Legal Badar Soekarno-Hatta M. Holik Muardi, Jumat (23/12/2022).

Dengan prediksi tersebut, Holik menyebut, bila hari ini menjadi puncak arus liburan Natal dan Tahun Baru 2023 di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Yakni pada H-2 sebelum perayaan Natal, 25 Desemver 2022.

"Jadi, kami memprediksi, puncak arus liburan akan terjadi pada hari ini dan besok, 24 Desember 2022," ujarnya.

Sementara, Director of Operation Angkasa Pura II Muhamad Wasid menjelaskan Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara tersibuk selama angkutan nataru 2022. Dia memperkirakan, jumlah penumpang di bandara tersebut akan berjumlah 1,38 juta.

“Persiapan di Bandara Soekarno-Hatta di antaranya program penyeimbangan kapasitas terminal, di mana dilakukan perpindahan operasional seluruh penerbangan internasional Lion Air Group dari Terminal 3 ke Terminal 2F mulai 16 Desember 2022," ujar Wasid di Bandara Soekarno-Hatta, beberapa waktu lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lounge Umrah Temporer

Bandara Soekarno-Hatta juga membuka lounge umrah temporer di area GCC yang berlokasi dekat dengan Stasiun Kereta Bandara. Hal itu untuk mendukung Terminal 3 dalam mengakomodir peningkatan penumpang.

Lounge umrah dilengkapi VIP room, reguler room, serta berbagai fasilitas seperti musala, kafe dan kantin. Sehingga dapat digunakan biro perjalanan umrah sebagai lokasi meeting point atau ruang tunggu bagi jemaah.

"Lounge umrah GCC dibuka 18 Desember 2022 agar peningkatan penumpang di Terminal 3 saat peak season akhir tahun dapat tertangani dengan baik," ujar Wasid.

Sementara, Director of Commercial and Service Angkasa Pura II, M Rizal Pahlevi menuturkan sebagai upaya meningkatkan kepuasan penumpang saat peak season.

 

3 dari 3 halaman

Thematic Decoration

Bandara Soekarno-Hatta menghadirkan Thematic Decoration dan Thematic Event.

"Berbagai event disiapkan di Bandara Soekarno-Hatta yaitu choir, pertunjukan musik, Night Gala Tahun Baru hingga esport competition dan event khusus Hari Ibu pada 22 Desember. Kami ingin penumpang pesawat merasa nyaman saat peak season," jelas Rizal Pahlevi.

Di samping itu, untuk menambah kenyamanan penumpang pesawat, Angkasa Pura II juga telah menata desain interior Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dengan konsep Pintu Gerbang Indonesia di area departure gate domestik dan check in area domestik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.