Sukses

Jokowi: Saya Enggak Mau Dengar Ada yang Mempersulit Investasi

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mewanti-wanti situasi ekonomi pada 2023 mendatang akan jauh lebih sulit. Menurutnya, investasi jadi kunci agar Indonesia bisa selamat dari ancaman resesi global tahun depan. 

Jokowi mengatakan, investor saat ini tengah jadi rebutan semua negara. Pasalnya, arus modal masuk tersebut bakal jadi fondasi perputaran uang pada suatu negara dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi.  

Oleh sebab itu, ia mengingatkan kepada jajarannya baik di pusat maupun daerah, agar tidak ada satu pun yang menghambat permintaan investasi yang masuk.

"Jangan sampai kita ada yang mempersulit. Saya enggak mau denger lagi ada yang mempersulit, baik di pusat maupun di daerah. Baik di pusat, di provinsi, di kabupaten maupun di kota, semuanya jangan sampai ada yang menganggu ini," tegasnya dalam Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2022 di Ritz-Carlton Hotel Jakarta, Rabu (30/11/2022).

"Karena kepercayaan itu sudah kita peroleh, trust-nya sudah kita peroleh. Sekarang bagaimana implementasi dari policy-policy yang telah kita ambil," kata Jokowi. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut tak ingin kepercayaan yang sudah didapat buyar gara-gara salah memperlakukan investasi yang masuk ke Tanah Air. 

"Kita tuh selalu melihat negara mana yang kira-kira selalu ramai investasinya. Kenapa dia ramai, kita pelajari lewat intelligent economy kita," imbuh Jokowi. 

Dari pelajaran tersebut, Jokowi lantas meminta jajarannya untuk membuat kebijakan yang terbuka kepada pemasukan investasi, termasuk dengan adanya insentif tax holiday. 

"Tapi kalau nanti di dalam pelaksanaan masih ada yang ganggu-ganggu, ya sudah, buyar semuanya yang namanya policy kebijakan yamg kita telah design," tegas Jokowi

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Berkat Investasi, 307.000 Tenaga Kerja Indonesia Tak Nganggur

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Perumusan Kebijakan Fiskal Regional Titik Anas, mengatakan masuknya investasi ke Indonesia mampu menyerap sebanyak 307.000 tenaga kerja.

Hal itu disampaikan Titik Anas, dalam The 1st International Student Leaders Meeting 2022 dengan tema Collective Actions for Transforming Sustainable Universities in the Post-Pandemic Time, Selasa (22/11/2022). 

"Investasi telah menciptakan lapangan kerja bagi para pencari kerja baru yaitu menyerap sekitar 307.000 tenaga kerja," kata Titik Anas.

Menurut dia, selama pandemi covid-19 Indonesia termasuk negara yang sangat kuat dalam menarik investasi hingga kuartal III-2022.

Hal itu terbukti dengan total investasi langsung pada kuartal III-2022 tercatat sebesar Rp307 triliun atau 42 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu.

Begitupun investasi asing turut meningkat sebesar 63,6 persen. Artinya, dia menegaskan, Indonesia tidak hanya menerima investasi dari dalam negeri melainkan juga dari negara lain.

Meningkatnya investasi di Indonesia, menandakan pasar Indonesia masih menarik di mata investor di tengah risiko global. Kemenkeu pun memastikan prospek pertumbuhan ekonomi 2022 akan tetap berlanjut di tahun berikutnya, lantaran sepanjang tahun 2022 pertumbuhan ekonomi masih tumbuh positif.

 

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Pulih dari Pandemi

Indonesia diantara negara-negara G20 dan ASEAN, Indonesia merupakan salah satu negara yang relatif cepat pulih dari pandemi. Fundamental ekonomi Indonesia tetap kokoh.

“Pertumbuhan PDB Kami Seperti yang Anda ketahui, tahun ini terus berkembang pesat tumbuh 5 persen pada kuartal satu, dan 5,4 persen kuartal dua, dan 5,7 persen pada kuartal tiga. Jadi kami memiliki pondasi yang sangat kuat,” ungkapnya.

Pemulihan ekonomi yang lebih kuat didukung utamanya oleh permintaan domestik dan pertumbuhan ekspor yang solid. Penanganan pandemi yang efektif dan dukungan kebijakan baik pada permintaan untuk memasok daya beli melalui bantuan sosial dan subsidi. Kemudian keringanan pajak untuk perusahaan.

“Kami cukup optimistis dengan pertumbuhan tahun ini. Bisa di kisaran 5 – 5,3 persen. Jadi, cukup tinggi dibandingkan dengan negara lain. Kami (Indonesia) termasuk yang kami sebut sebagai The shining light around the world from the emerging country," pungkasnya. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.
    Investasi
  • Ekonomi adalah ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan.
    ekonomi
  • Pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan di mana ekonomi mulai tumbuh dan mengalami perkembangan.
    Pertumbuhan Ekonomi