Sukses

Cerita Menko Luhut Bisa Berteman dengan Jokowi, Dimulai 12 Tahun Silam

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap awal mula kedekatan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Semua dimulai pada 12 tahun silam saat keduanya masih berstatus pengusaha.

Ini dia ungkapkan pada acara Gen Z dan Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan yang digelar Liputan6.com, Kamis (24/11/2022)."Saya bertemu lebih 12 tahun lalu waktu saya jadi pengusaha dan beliau pengusaha mebel," jelas Luhut.

Bisa dibilang ternyata secara tidak langsung pertemanan Menko Luhut terjadi usai merespons permintaan anak bungsunya. 

Kala itu, Luhut yang sedang menjalankan bisnis pertambangan mendapatkan masukan dari sang anak agar menjalankan bisnis dengan memperhatikan lingkungan dengan baik. 

Mendengarkan permintaan sang anak, Luhut kemudian mencari pengusaha yang mau diajak kerjasama. "Saya pikir benar juga saran anak paling kecil dan bilang ke direktur carikan dulu partner yang bisa membuat end product dari kayu yang ada dan dipotong dengan benar dan akhirnya dicari ketemu Pak Jokowi," jelas Luhut.

Pendek cerita, dari sini Luhut berkenalan dengan Jokowi. "Dari situ perkenalan saya dengan beliau tapi kan saya jenderal bintang 4 duit usaha lumayan, sudah menperindah dan segala macam dan jokowi baru mau walikota, tapi saya bilang jangan pernah memandang rendah orang, kita harus selalu santun, sopan sama orang walau lebih tua," lanjut Luhut.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Cocok jadi Gubernur

Pertemanan pun berlanjut hingga Jokowi mencalonkan diri jadi Gubernur DKI Jakarta. Bahkan Luhut mengaku pernah mengatakan langsung kepada Jokowi jika cocok memimpin Jakarta.

"Waktu dia maju jadi gubernur, saya bilang bapak cocok jadi gubernur begitu mau memang gubernur saya bilang Pak Jokowi bisa jadi presiden dan saya kira sekarang beliau salah satu presiden terbaik," kata dia.

Perihal begitu besarnya kepercayaan Luhut kepada dirinya dengan memberikan beberapa amanah jabatan, Luhut menilai itu karena dia yang selalu berusaha menyelesaikan pekerjaan diberikan Jokowi.

"Kenapa dekat kalian akan rasakan perjalanan hidup kalau bos bisa mendeliver dia juga ingn tugas pokoknya terlaksana dengan baik dan itu saya alami," tambah dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.