Sukses

Dermawan Sekali, Miliarder Warren Buffett Sumbang Saham Rp 11,8 Triliun ke Amal

Liputan6.com, Jakarta - Orang terkaya ke-enam di dunia, Warren Buffett akan menyumbangkan saham Berkshire Hathaway Inc. senilai lebih dari USD 758 juta atau sekitar Rp 11,8 triliun untuk amal.

Dikutip dari Gulf News, Kamis (24/11/2022) pengeluaran saham itu termasuk kepemilikan atas nama mendiang istri miliarder ini, Susan Buffett.

Buffett menyumbangkan 1,5 juta saham Kelas B kepada Susan Thompson Buffett Foundation dan masing-masing 300.000 saham kepada Sherwood Foundation, Howard G. Buffett Foundation dan NoVo Foundation pada Rabu (23/11), menurut sebuah pengajuan.

Buffett memberikan donasi setelah mengkonversi 1.600 saham Kelas A menjadi 2,4 juta saham Kelas B.

Bloomberg Billionaires Index mencatat, kekayaan miliarder sekaligus investor itu kini sebesar USD 110,4 miliar atau sekitar Rp 1,7 kuadriliun.

Pada tahun 2010,  Buffett memulai keterlibatannya dalam inisiatif amal Giving Pledge, bersama Bill Gates dan Melinda French Gates, mengatakan dia akan menyumbangkan 99 persen dari kekayaannya, baik selama hidupnya atau setelah kematiannya.

Buffett sebelumnya telah menyumbangkan saham Berkshire senilai lebih dari USD 32 miliar (Rp 500,8 triliun) kepada Yayasan Bill & Melinda Gates, juga secara rutin melakukan amal di yayasan milik keluarganya.

Buffett telah memberikan sumbangan tahunan ke lima badan amal yang sama setiap tahun sejak 2006 ketika dia mengungkapkan rencana untuk memberikan kekayaannya dari waktu ke waktu, dengan Gates Foundation menerima sumbangan terbesar, seperti dilansir dari CNBC International.

Sumbangan kali ini menandai pertama kalinya pria berusia 92 tahun itu melakukan donasi besar kedua dalam tahun yang sama.

Yayasan Susan Thompson Buffett memang tak sering disorot, tetapi selama bertahun-tahun telah menjadi pendukung utama hak aborsi, memberikan hadiah besar kepada keluarga berencana dan kelompok masyarakat lainnya. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Perusahaan Investasi Milik Warren Buffett Catat Rugi Rp 42,30 Triliun pada Kuartal III 2022

Kinerja keuangan perusahaan investasi Berkshire Hathaway milik miliarder Warren Buffett lesu hingga kuartal III 2022. Kerugian kuartalan terjadi dodorong penurunan investasi saham Berkshire di tengah pasar bak roller coaster.

Mengutip CNBC, Minggu (6/11/2022), Berkshire Hathaway membukukan rugi USD 2,69 miliar atau sekitar Rp 42,30 triliun (asumsi kurs Rp 15.724 per dolar AS) pada kuartal III 2022. Kondisi ini berbeda dari periode tahun sebelumnya untung USD 10,34 miliar. Kerugian itu terjadi lantaran penurunan investasi Berkshire di tengah pasar yang bergejolak bak roller coaster.

Berkshire menderita kerugian USD 10,1 miliar pada investasinya selama kuartal tersebut sehingga membawa penurunan menjadi USD 63,9 miliar. Warren Buffett mengatakan kepada investor kalau jumlah kerugian investasi pada kuartal tertentu “biasanya tidak berarti”.

Sementara itu, laba operasional Berkshire Hathaway mencatat kinerja yang solid meski kekhawatiran resesi meningkat. Laba operasi naik sekitar 20 persen menjadi USD 7,76 miliar pada kuartal III 2022. Hal tersebut seiring keuntungan dari berbagai bisnis yang dimiliki antara lain asuransi, kereta api dan utilitas.

Pendapatan investasi asuransi mencapai USD 1,408 miliar, naik dari periode sama tahun sebelumnya USD 1,161 miliar.

Laba dari bisnis utilitas dan perusahaan energi mencapai USD 1,585 miliar, naik dari USD 1,496 miliar. Namun, penjaminan asuransi rugi USD 962 juta. Sementara, laba dari kereta api turun menjadi USD 1,44 miliar dari periode 2021 sebesar USD 1,53 miliar.

3 dari 3 halaman

Miliarder Warren Buffett Lelang Foto Dirinya, Tawaran Dimulai Rp 445,9 Juta

Pada bulan Agustus lalu, Warren Buffett sempat menjadi sorotan karena melelang potret dirinya yang ditandatangani.

Pelelangan ini ditawarkan mulai USD 30.000 atau setara Rp 445,9 juta, yang dilangsungkan di platform eBay.

Dana yang dikumpulkan dari hasil lelang ini nantinya akan disumbangkan ke badan amal. Lelang tersebut juga digelar berdekatan dengan ulang tahun Buffett yang ke-92 pada 30 Agustus mendatang.

Dilansir dari Associated Press, Rabu (24/8/2022) potret Buffett yang dibuat oleh Motiva Art menampilkan kisi-kisi huruf di atas gambar yang menyala untuk menguraikan beberapa kutipan terkenal dari sang investor legendaris.

Lelang ini mungkin tidak sebesar lelang sebelumnya -  makan siang bersama Buffett, tetapi masih mungkin menarik penawar besar di antara pengikut setia CEO Berkshire Hathaway.

Hasil dari lelang seni akan disumbangkan ke Girls Inc. of Omaha, yang menyediakan program pendidikan, budaya, dan rekreasi bagi perempuan muda di kampung halaman Buffett. 

Selain aktif dalam aktivitas pelelangan, Buffett ternyata juga pernah menjual dompet lamanya yang berisi tip saham. Penjualan itu berhasil mengumpulkan USD 210.000 (Rp 3,1 miliar) untuk organisasi sosial.

Adapun pada tahun 2015, seorang pembeli juga membayar lebih dari USD 122.000 (Rp 1,8 miliar) untuk mobil Cadillac 2006 milik Buffett dengan tanda tangannya di dasbor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.