Sukses

Erick Thohir: Bakauheni Harbour City Rampung Maret 2023

Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan, pembangunan kawasan wisata baru Bakauheni Harbour Park di Lampung bakal rampung per Maret 2023 mendatang

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan, pembangunan kawasan wisata baru Bakauheni Harbour Park di Lampung bakal rampung per Maret 2023 mendatang. Nantinya, tempat itu juga bakal memiliki destinasi wisata alam bernama Krakatau Park.

"Kita sekarang juga sedang mendorong pembukaan Krakatau Park di Lampung, seperti di Jatim Park yang jadi bagian Bakauheni Harbour Park, Insya Allah selesai Maret 2023," kata Erick Thohir seusai membuka GATF 2022 di ICE BSD, Jumat (28/10/2022).

Menurut dia, pembangunan destinasi wisata baru tersebut jadi cara agar wisatawan domestik yang hobi berkunjung ke luar negeri, nantinya rela memutarkan uangnya untuk sektor pariwisata nasional.

Selain Bakauheni Harbour City, Kementerian BUMN juga sudah menyiapkan Sarinah untuk tempat berbelanja produk-produk UMKM. Terdekat, kawasan wisata pos bloc di wilayah Pasar Baru, Jakarta juga akan segera dibuka.

"Kita juga di BUMN mendorong buka Sarinah, berhasil. Pos bloc-pos bloc dijadikan tempat UMKM. Nanti tanggal 10 November pos bloc yang di Pasar Baru tembus, dari Pasar Baru sampai Lapangan Banteng, gede sekali," ungkapnya.

Erick menyatakan, pemerintah sudah mengalokasikan banyak dana untuk menggeliatkan sektor pariwisata Tanah Air. Dia berharap, upaya itu turut didukung oleh seluruh warga Indonesia.

"Artinya apa, kita berinvestasi. Pemerintah daerah, pemerintah pusat. Cuman kalau dibangun, masyarakat Indonesianya tidak mau hadir, kan sayang. Itu aja," tutur Erick Thohir.

"Saya tidak artinya terkesan melarang ke luar negeri, cuman mengetuk hati," pungkas Menteri BUMN.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir: Jangan Sering-Sering ke Luar Negeri, Wisata Dalam Negeri Saja

Menteri BUMN Erick Thohir menekankan, kunci kesuksesan program pemerintah dalam menggenjot sektor pariwisata nasional bukan berasal dari pihak atau turis asing, tapi dari masyarakat Indonesia sendiri.

Oleh karenanya, ia mendukung upaya BUMN dalam mendukung kebangkitan pariwisata domestik, seperti yang dilakukan Garuda Indonesia dalam acara Garuda Indonesia Travel Fair 2022 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten.

Erick pun mendesak turis domestik untuk memanfaatkan destinasi yang ada di Tanah Air, bukan malah melancong jalan-jalan ke luar negeri.

"Kita sebagai negara yang populasinya sangat besar, 230 juta, jangan hanya kita jadi market terus. Berbondong-bondong kita semua ke luar negeri. Tapi kalau misalnya ada rejeki, ke luar negeri sekali, dua kali di Indonesia," kata Erick Thohir di Garuda Indonesia Travel Fair 2022, Jumat (28/10/2022).

 

3 dari 3 halaman

Banyak Destinasi Wisata Domestik

Pasalnya, ia menyayangkan bila potensi destinasi wisata Indonesia yang sangat bagus kurang termanfaatkan. Apalagi Indonesia memiliki tempat wisata yang sehat, karena dekat dengan alam.

"Sampai kapan kita berfoya-foya jalan-jalan ke luar negeri. Padahal, kita saat covid berdiri sendiri, mandiri. Bergotong-royong memastikan kita hidup, memastikan ekonomi tumbuh," ungkap Erick.

Dia pun mengeluhkan kondisi saat ini, dimana masyarakat Indonesia cenderung lebih suka melakukan kegiatan ekonomi hingga berwisata sendiri-sendiri selepas pandemi Covid-19.

"Padahal, banyak masyarakat kita di daerah-daerah yang masih susah. Bali saja belum tecover total. Kita tidak anti asing. Tapi ingat covid, kita sukses karena diri kita sendiri," tegas Menteri BUMN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.