Sukses

Pertamina Fasilitasi UMKM Kenalkan Produknya Langsung Lewat Live Shopping SMEXPO

Liputan6.com, Jakarta UMKM binaan PT Pertamina (Persero) memiliki peluang bisa mengenalkan langsung produknya secara Online. BUMN ini menantang UMKM mengkuti tren digital dengan ikut dalam Live Shopping SMEXPO 2022 yang akan berlangsung hingga 15 November 2022.

Gayung bersambut, sebanyak 6 UMKM akan tampir dalam acara Live Shopping SMEXPO yang akan dilaksanakan dalam empat sesi pada pukul 10:00, 12:00, 14:00 dan 16:00 WIB.

“Munculnya ide Live Shopping SMEXPO 2022 didasari dari maraknya penjualan secara live di berbagai media sosial seperti Instagram dan TikTok. Melalui acara ini kami ingin men-challenge para UMKM agar aktif mengikuti tren digital sekaligus membantu pelaku UMKM binaan Pertamina mempromosikan produk mereka masing-masing,” kata Vice Presiden CSR & SMEPP Management Pertamina Fajriyah Usman, di Jakarta.

Pertamina melakukan seleksi untuk menentukan atau memilih UMKM yang tampil pada penjualan langsung ini. “Terdapat beberapa tahap penilaian (assessment) yang dilakukan untuk menentukan peserta Live Shopping SMEXPO,” katanya.

Seleksi pertama adalah assessment akun sosial media UMKM dengan berbagai kriteria seperti engagement akun meliputi total likes dan postingan, jumlah followers dan beberapa kriteria lainnya.

“Kami juga melakukan assessment melalui wawancara dengan beberapa pertanyaan untuk memastikan bahwa UMKM telah memahami perkembangan atau tren digital dan berpengalaman dalam melakukan Live Shopping,” ujarnya.

UMKM yang berpartisipasi dalam Live Shopping SMEXPO 2022 adalah Rasyida AlamBatik Murni Asih, Bali Honey, Rizkya Batik, CV Bali Ayu Shop, Meeta Fauzan, Joglo Ayu Tenan, Adifta Batik, Rumah Batik Jinggar, Evi Sobage, dan Sanrah Food.

Kemudia Diyah Healthy Food, Baline Chocolate (UD Utami), Multipangan Sehat. Denara, dan N&N International. “Mereka menjual berbagai macam kategori produk dijual melalui Live Shopping ini mulai dari fesyen, aksesoris, tas, makanan ringan, coklat, madu hingga body care,” kata Fajriyah.

Nurchaeti, pemilik N&N International, menjadi mitra binaan sejak 2019. Dia memproduksi kripik tempe, pisang dan nangka sehat dengan turut memberdayakan para perempuan dan penyandang disabilitas untuk membantu proses produksinya. “Usaha saya berkembang pesat sejak bermitra dengan Pertamina,“ tuturnya.

Berdasarkan data Live Shopping yang telah berlangsung satu sesi dengan durasi 45 menit, N&N International berhasil memperoleh omzet sebesar Rp 5,15 juta.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

UMKM Lainnya

Nurchaeti berhasil menjual 109 paket produknya. “Saya sangat senang terpilih menjadi UMKM yang live shopping di SMEXPO. Sangat senang karena bisa meningkatkan omzet penjualan,” tuturnya.

Sebelum tampil di SMEXPO, N&N Internasional diajak oleh Pertamina untuk berpartisipasi pada ajang Trade Expo Indonesia (TEI) yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan yang berlangsung 19-23 Oktober 2022 di ICE BSD.

Di even itu, Nurchaeti menerima pesanan sebanyak 60 ton per tahun ke Arab Saudi, 30 ton ke Turki dan 2 ton ke Norwegia dengan total transaksi mencapai hingga Rp17 miliar. Sebanyak 10 ton akan dikirim akhir November ini ke Turki dan Norwegia. “Setelah pameran selesai, saya akan segera melakukan proses produksi,” ujar Nurchaeti.

Evi Susanto, pemilik Sobag, menuturkan dengan perhelatan SMEXPO, Pertamina telah membantu memperluas pasar UMKM.

Sobag menjual tas tenun khas Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dikombinasikan dengan kulit sapi asli. “Lewat tas tenun khas NTT ini, Sobag mengajak wanita Indonesia untuk lebih mencintai dan bangga menggunakan produk-produk dalam negeri.

Selain berjualan offline, Sobag juga menjual produknya secara online dengan berkolaborasi bersama SMEXPO agar dapat menembus pasar yang lebih luas, mencakup pasar nasional dan internasional,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.