Sukses

Pegadaian Bersama Jenahara Nasution Berikan Tips Bangun Bisnis di Era Digital

Liputan6.com, Jakarta PT Pegadaian (Persero) kembali menggelar webinar bertajuk "Growth Mindset to Grow Your Wealth" yang dilakukan secara live streaming melalui Zoom dan Vidio, Rabu (28/9/2022). Webinar kali ini memberikan edukasi terhadap masyarakat luas tentang bagaimana tips membangun bisnis agar bisa berkembang dan berjaya.

Webinar kali ini diikuti oleh lebih dari 15 ribu orang yang menonton melalui Vidio yang tersebar di seluruh Indonesia. Dua narasumber yang kompeten di bidangnya pun dihadirkan, seperti Jenahara Nasution yang dikenal sebagai fashion designer serta Founder and Creative Director of Jenahara dan Ihdina Inti Rachma selaku Kepala Departemen Digital Marketing & Service PT Pegadaian.

Mengawali webinar siang itu, Jenahara mengungkapkan bahwa setiap orang pasti memiliki impian. Dan dari impian tersebut, suatu hari seseorang akan bisa menjadi apa yang diinginkan.

"Jika ingin mencapai semua impian yang dimiliki masing-masing orang, kita harus selalu kerja keras dan itu semua itu harus dilakukan secara konsisten," kata Jenahara.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Saatnya Memaksimalkan Potensi Diri!

Untuk mencapai tujuan dalam setiap impian yang dimiliki, diri sendiri adalah kunci. Mengenali diri sendiri dan sadar akan potensi diri menjadi jalan untuk kita bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Bagi Jenahara, ada beberapa langkah yang harus dilalui setiap orang untuk bisa memaksimalkan potensi diri yang dimiliki. Mulai dari langkah sederhana untuk mencoba hal-hal baru.

"Kita harus berani untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah dipelajari sebelumnya. Dengan kita berani mengambil sikap itu, kita akan keluar dari comfort zone dan bisa mengejar impian. Yang pasti, kita harus belajar, enjoy the process, enjoy the right," ungkapnya.

Selain mencoba hal baru, menyempurnakan motivasi dalam diri sendiri juga menjadi kunci untuk bisa mengejar impian. Sempurnakan motivasi diri bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya seperti apa yang diterapkan oleh Jenahara.

"Kalau saya untuk sempurnakan motivasi dalam diri sendiri, biasanya membaca quotes inspiratif yang ada di Pinterest dan baca buku self-improvement. Kalian juga bisa melakukan beragam aktivitas lainnya, bisa dengan olahraga atau jalan keluar sebentar," jelasnya.

Jenahara juga menjelaskan menciptakan kebiasaan yang baik menjadi kunci kesuksesan kita dalam mencapai impian. Selain itu, tak lupa juga untuk tetap fokus terhadap self-care, jadi orang yang open minded, berusaha untuk ambil risiko, senantiasa memperbaiki diri, dan melihat jauh ke depan.

3 dari 4 halaman

A Simple To Do List

Dalam kesempatan yang sama, Jenahara juga memberikan berbagai tips bagaimana menjadi entrepreneur. Baginya, menjadi entrepreneur itu memiliki sisi positif dan negatif di dalamnya. Sisi positifnya, kita bisa menjadi pribadi yang ulet, visioner, menjadi seorang pemimpin, dan bisa membuka lapangan pekerjaan.

Tapi, jika kita belum siap untuk menjadi seorang entrepreneur, kita akan mudah frustasi dengan keadaan, kurang percaya diri, menjadi workaholic, dan kurangnya quality time. Untuk itu, Jenahara membagikan tips sederhana apa yang harus dilakukan untuk membangun bisnis yang propper.

Namun yang harus dilakukan untuk pertama kalinya adalah tentukan jenis usaha dan riset. Lalu, lakukan hal yang kamu sukai, jangan lupa untuk terus belajar dari orang lain, hidup dengan sederhana, dan yang paling penting belajar dari kegagalan.

"Yang terpenting dari semua itu, ketika ingin menjadi entrepreneur, kita harus berani untuk memulai, jangan pernah takut gagal, dan perluas koneksi,” tutup Jenahara.

4 dari 4 halaman

Bisnis Cuan Tanpa Modal!

Ihdina Inti Rachma dalam webinar kali ini memaparkan bagaimana mencapatkan cuan di era digital dengan modal yang minim atau bahkan tanpa modal. Berdasarkan data, jumlah penduduk Indonesia yang aktif menggunakan internet sebesar 204,7 juta dan pengguna aktif media sosial mencapai 191,4 juta. Dari jumlah tersebut, pemanfaatan teknologi digital untuk meraih cuan sangat besar.

Banyak lini pekerjaan yang terbuka sangat lebar di era digital seperti saat ini. Mulai dari content creator, desain grafis, referral, hingga jasa ketik. Salah satu yang bisa kita terapkan adalah dengan menjadi referral. Dengan menjadi referral, PT Pegadaian bisa memberikan kesempatan mendapatkan cuan lebih besar untuk masyarakat.

"Melalui program Sahabat Emas, Pegadaian ingin membangun kerja sama dengan Sahabat Pegadaian untuk mendapatkan cuan melalui insentif referral hingga mencapai 10 juta per bulan. Sahabat Pegadaian bisa mengajak sahabat, teman, atau keluarga untuk bertransaksi produk Pegadaian dengan menggunakan kode referral," jelas Ihdina.

Ada beberapa produk yang termasuk sebagai produk referral Sahabat Emas di dalamnya. Mulai dari gadai (gadai, gadai tabungan emas, dan gadai titipan emas), pembiayaan emas (cicil emas, cicil emas bundling, dan gadai emas angsuran). Selain itu, ada juga pembiayaan haji dan tabungan emas.

Di setiap produk tersebut, memiliki besaran insentif yang berbeda. Semisal dari produk gadai, kalian akan mendapatkan 30% dari sewa modal 15 hari pertama. Di produk pembiayaan emas, akan mendapatkan 0,5% dari uang pinjaman minimal Rp500 ribu. Dari produk pembiayaan haji, akan mendapatkan Rp125 ribu per akad pinjaman. Dan di tabungan emas, akan mendapatkan keuntungan Rp15 ribu setiap saldo awal yang disetorkan sebesar Rp100 ribu.

"Berbagai keuntungan bisa Sahabat Pegadaian dapatkan untuk mencari cuan tambahan bersama Pegadaian dengan cepat dan mudah," kata Ihdina.

Untuk yang tertarik dengan program Sahabat Emas dan sudah tidak sabar mengikuti program ini agar bisa mendapatkan tambahan cuan dalam keseharian, kalian bisa cek cara ikutannya di sini ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.