Sukses

PLN Angkat Direksi Nusantara Power dan Indonesia Power Baru, Ini Daftarnya

Aksi korporasi ini membuat seluruh aset pembangkitan PLN terkonsolidasi.

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) telah melakukan restrukturisasi Holding dan Subholding pada Kamis (22/09/2022) kemarin. PLN melanjutkan proses transformasi dengan penunjukan dan pengukuhan jajaran direksi dua Subholding Generation Company (Genco), yaitu PT PLN Nusantara Power (Genco 1) dan PT PLN Indonesia Power (Genco 2).

Aksi korporasi ini membuat seluruh aset pembangkitan PLN terkonsolidasi. PT Nusantara Power akan mengelola pembangkit dengan kapasitas 18,4 gigawatt (GW), dan PT Indonesia Power akan mengelola pembangkit dengan kapasitas 20,6 GW.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, Subholding ini akan menjadi perusahaan pembangkit listrik berkapasitas terbesar nomor 1 dan nomor 2 di Asia Tenggara. 

"Restrukturisasi ini merupakan langkah strategis guna bisa beradaptasi dengan perubahan ke depan. Terlebih, perusahaan memiliki target pengoperasian pembangkit hingga 46,4 GW pada 2025," kata Darmawan dalam keterangan tertulis, Jumat (23/9/2022).

Darmawan menilai, PLN harus bergerak lebih lincah, cepat serta efektif untuk penguatan bisnis yang telah ada dalam mengelola dan menyediakan energi bagi kepentingan masyarakat hingga pelosok negeri, pengembangan bisnis yang lebih luas, terutama di bidang energi baru dan terbarukan.

Untuk mempercepat transisi energi bersih, dua subholding pembangkitan ini juga akan memiliki anak usaha bersama yang fokus pada pembangkit panas bumi (Geothermal Co) dengan kapasitas 0,6 GW dan pembangkit energi baru terbarukan. Seperti tenaga surya, tenaga angin dan tenaga hidro (New Energy Co) berkapasitas 3,8 GW. 

"Hadirnya direksi baru akan menjadi energi tambahan untuk mendorong peningkatan kinerja Subholding dan anak usahanya. Sehingga dapat memperluas portofolio bisnis PLN di masa depan, menjawab tantangan seperti energi baru terbarukan," ungkap Darmawan.

Berikut daftar Direksi Subholding Genco yang telah dikukuhkan:

Susunan Direksi PT PLN Nusantara Power

1. Ruly Firmansyah: Direktur Utama.

2. Rachmanoe Indarto: Direktur Operasi Pembangkit Batubara

3. M Yossy Noval A: Direktur Operasi Pembangkit Gas

4. Muhamad Reza: Direktur Pengembangan Bisnis dan Niaga

5. Dwi Hartono: Direktur Keuangan

6. Karyawan Aji: Direktur Manajemen Human Capital dan Administrasi

 

Susunan Direksi PT PLN Indonesia Power

1. Edwin Nugraha Putra: Direktur Utama.

2. Rachmad Handoko: Direktur Operasi Pembangkit Batubara

3. Djoko Mulyono: Direktur Operasi Pembangkit Gas

4. Bernadus Sudarmanta: Direktur Pengembangan Bisnis dan Niaga

5. Endang Astharanti: Direktur Keuangan

6. Wisnoe Satrijono: Direktur Manajemen Human Capital dan Administrasi

"Kepada seluruh direksi yang telah menyelesaikan tugasnya, PLN mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi atas kontribusi dan pemikirannya untuk kemajuan PLN. Mereka semua telah mencatatkan namanya dalam sejarah perubahan besar transformasi PLN di masa yang akan datang," pungkas Darmawan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.