Sukses

Jokowi Ungkap Indonesia Punya Kekuatan Hebat yang Bikin Dunia Tercengang, Apa Itu?

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan sejumlah kekuatan Indonesia yang bisa berperan penting bagi dunia internasional. Ini menjadi modal dalam pembangunan Indonesia kedepannya.

Sedikitnya, ada 4 poin kekuatan yang disebut Jokowi. Pertama, soal kemampuan mengelola pandemi Covid-19 dengan baik. Sehingga, agenda prioritas lainnya yang berdampak kepada ekonomi mampu bergerak.

"Kalau kita mampu mengelola pandemi dengan baik, berarti kita juga pasti mampu mengelola agenda-agenda besar lainnya dengan baik. Inilah kekuatan pertama kita untuk membangun Indonesia," kata dia dalam sidang Tahunan MPR-RI, Selasa (16/8/2022).

Kekuatan kedua, adanya sumber daya alam yang melimpah. Menurutnya, wilayah yang luas dengan keanekaragaman hayati terkaya di dunia pasti menjadikekuatan besar Indonesia. Utamanya jika kelola secara bijak dan berkelanjutan.

"Syaratnya satu, harus dihilirkan dan diindustrikan di dalam negeri, agar nilai tambahnya bisa maksimal untuk kepentingan nasional. Hal ini akan membuka lapangan kerja, meningkatkan ekspor, menghasilkan devisa, meningkatkan pendapatan negara, serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi," paparnya.

Kekuatan ketiga, adanya bonus demografi. Jumlah penduduk yang didominasi anak musa usia prouktif dikatakan sebagai potensi.

Kemudian, daya beli masyaratak yang terus meningkat juga akan jadi motor penggerak perekonomian. Utamanya dalam menghadapi kompetisi global.

"Kekuatan keempat adalah kepercayaan internasional yang meningkat tajam. Indonesia diterima oleh Rusia dan Ukraina sebagai jembatan perdamaian. Diterima negara-negara besar, walau geopolitik sedang panas," ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Penanganan Krisis

Selanjutnya, Jokowi menyebut Indonesia juga mendapat penghargaan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa. Ini menyangkut respons Indonesia terhadap krisis global.

"Indonesia juga dipercaya PBB sebagai Champions dari Global Crisis Response Group untuk penanganan krisis global," kata dia.

Di samping itu, momentum Presidensi G20 juga dibanggakan kepala negara. Indonesia menjadi tuan rumah bagi 20 negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Tahun depan, menjadi Ketua ASEAN.

"Artinya, kita berada di puncak kepemimpinan global dan memperoleh kesempatan besar untuk membangun kerja sama internasional," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Investasi

Selanjutnya, ia menilai kepercayaan besar dari masyarakat internasional juga bisa dirasakan di dalam negeri. Reformasi struktural untuk daya saing dan iklim berusaha terus dilakukan.

"Ekosistem investasi dan pertumbuhan UMKM terus kita perbaiki. Hilirisasi dan manufaktur di dalam negeri terus tumbuh pesat," ungkapnya.

"Pertumbuhan investasi juga meningkat tajam, di mana 52 persen di antaranya, berada di Luar Jawa. Artinya, ekonomi kita bukan hanya tumbuh pesat, tetapi juga tumbuh merata, menuju pembangunan yang Indonesia Sentris," beber Jokowi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS