Sukses

Jualan Gas Bumi dan LNG ke Pasar Internasional, PGN Gandeng Trader Terbesar Dunia

Liputan6.com, Jakarta PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina berkomitmen merealisasikan potensi penjualan gas bumi dan liquefied natural gas (LNG) di pasar Internasional dengan menggandemg Gunvor Singapore Pte Ltd (Gunvor).

CEO Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk M Haryo Yunianto mengatakan, portofolio bisnis PGN sangat dominan di Indonesia, namun untuk memasuki pasar internasional, PGN membutuhkan mitra strategis mempecepat penetrasi dan komersialisasi bisnis. Pasokan LNG PGN akan melengkapi portofolio LNG milik Gunvor selaku perusahaan trading independen terbesar.

"PGN dan Pertamina Group terus mengoptimalkan peran agar pengembangan bisnis di sektor LNG Trading International dapat berkembang secara masif," ujar Haryo di Jakarta, (30/6/2022).

Saat ini kerja sama PGN dan Gunvor tersebut telah memasuki proses Master Sales and Purchase Agreement (MSPA) and Confirmation Notice (CN) untuk pasokan LNG.

“Kerja sama ini menjadi bagian dari strategi Pertamina untuk memonetisasi portofolio LNG dan perusahaan kami memiliki potensi yang cukup besar untuk kolaborasi bisnis lainnya. Kami sangat menantikan untuk membuka peluang bisnis tersebut,” tambahnya.

 

2 dari 2 halaman

Perusahaan Trading Terbesar Dunia

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Heru Setiawan mengungkapkan, kolaborasi ini merupakan langkah yang tepat.

Pasalnya, Gunvor adalah salah satu perusahaan trading terbesar di dunia. Sinergi dengan Gunvor membuka kesempatan dan mengembangkan pasar LNG, serta memperluas wilayah pasar yang sudah terlebih dahulu dijangkau oleh Pertamina.

“Berpartner dengan Gunvor memungkinkan kami untuk masuk ke pasar baru, dimana sebelumnya akses kami cukup terbatas. Kolaborasi ini unik dan memiliki potensi menjadi suatu solusi dalam penyediaan energi di regional maupun negara-negara lainnya,” ujar Heru.

Co-Head of LNG Trading for Gunvor, Ksenia Alleyne mengungkapkan, pihaknya senang memasuki transaksi LNG pertama dengan PGN, hal ini akan memperkuat kerjasama yang telah terjalin dengan Pertamina Group.

"Kami berharap kerjasama ke depan dengan PGN dapat membentuk penyediaan LNG yang kompetitif dan handal di pasar global. Kerjasama ini akan membuka lembaran baru bagi perusahaan kita dan memungkinkan kerjasama yang lebih luas di seluruh dunia,” ujarnya.

  • PGN merupakan Perusahaan Gas Negara yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi.
    PGN
  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari
    Gas Bumi
  • gas