Sukses

Dinilai Menguntungkan, Investasi Telkomsel ke GoTo Dapat Dukungan

Liputan6.com, Jakarta Investasi Telkomsel ke perusahaan digital PT Gojek Tokopedia atau GoTo mendapatkan dukungan. Salah satunya dari Anggota Komisi VI DPR RI Evita Nursanty.

Dia menilai investasi Telkomsel ke perusahaan digital PT Gojek Tokopedia atau GoTo merupakan keputusan tepat, menguntungkan, dan bernilai strategis bagi negara. 

"Kita harus dukung keputusan investasi ini," kata Evita dalam Rapat Panitia Kerja Komisi VI DPR RI dikutip Rabu (29/6/2022). 

Sementara itu, Kepala RIset MNC Sekuritas Edwin Sebayang, yang diundang ke Forum Panja menjelaskan beberapa metode. Mulai dari harga dibanding transaksi bruto (GTV), rasio price book value (PBV) hingga menghitung potensi bisnis ke depan.

“Setiap sekuritas punya cara melakukan valuasi. Kami di MNC Sekuritas menghitung harga wajar saham GOTO di Rp500. Jadi masih punya upside cukup besar ke depannya. Jadi, ini investasi yang bagus,” kata Edwin.

Edwin menjelaskan pergerakan harga saham seperti GOTO dipengaruhi banyak faktor. Target price Rp500 bisa jadi akan tercapai dalam waktu dekat, akhir tahun atau bisa juga tidak tercapai.

“Yang mesti kita ingat, ada faktor x yang bisa mengubah keadaan dan proyeksi. Misalnya suku bunga the Fed, inflasi tinggi di negara maju dan perang Ukraina,” kata Edwin.

Tanpa memperhitungkan faktor eksternal itu, harga wajar GOTO adalah Rp500. Kapan tercapainya, bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal.

GOTO adalah perusahaan menarik dengan business plan yang sangat jelas untuk menuju profit. Investor melihat kekuatan Gojek, Tokopedia dan Gopay sebagai alasan untuk berinvetasi di perusahaan ini,” kata Edwin.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Investasi Telkomsel

Menurut Edwin, investasi Telkomsel di PT GoTo Gojek Tokopeda tidak perlu dicari-cari permasalahan. Pasalnya, investor asing pun banyak berinvestasi di GoTo bahkan sampai mendominasi.

Dia menjabarkan ada 4 alasan mengapa startup merah putih seperti Gojek dan Tokopedia menjadi incaran investor asing. Pertama, potensi ekonomi digital Indonesia yang sangat besar. Kedua, adanya pertumbuhan perusahaan startup yang cepat dan mempunyai potensi bisnis berkelanjutan. Apalagi ekonomi digital dipercaya merupakan bisnis masa depan. •

Ketiga, adanya potensi jangka panjang mendapatkan keuntungan besar, baik dari sisi pendapatan maupun valuasi perusahaan. Hal ini berkaca pada pengalaman startup digital di luar negeri.

Keempat, ada peluang sinergi dan kolaborasi yang saling menguntungkan, menghasilkan sumber pendapatan baru dengan memanfaatkan aset dari investor dan perusahaan startup.

3 dari 3 halaman

Perkuat Inovasi, Pendapatan GoTo Diprediksi Bakal Meroket

Pendapatan dan transaksi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berpotensi meningkat terdorong inovasi dan penguatan layanan On-Demand Gojek. Terutama karena dominasi GoFood pada Online Food Delivery (OFD) nasional dan hadirnya solusi layanan GoTransit yang berkolaborasi dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

Direktur Asosiasi Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas, Maximilianus Nico Demus, menilai yang dibangun oleh GOTO sejauh ini adalah ekosistem yang mampu menciptakan keterkaitan satu sama lain untuk bertumbuh dalam rangka memberikan dampak positif terhadap masyarakat.

”Hal inilah yang dinilai sebagai salah satu nilai lebih ekosistem GOTO yang memang saat ini belum ada tandingannya. Tinggal sejauh mana GOTO mampu melihat celah untuk terus berinovasi dan memberikan dampak dalam kehidupan masyarakat,” ungkap Nico dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Dengan rekam jejak dan kesuksesan sejauh ini, Nico meyakini potensi yang akan mampu diraih GOTO sangat besar. Salah satu yang terbaru adalah inovasi melalui fitur GoTransit yang baru-baru ini melakukan kolaborasi dengan KCI untuk melayani perjalanan masyarakat pengguna kereta listrik commuter line.

Melalui kerjasama tersebut, GOTO melalui Gojek menjangkau 1,2 juta pengguna commuter line per harinya. Fitur dalam GoTransit memberikan kemudahan mulai dari berupa pengaturan jadwal dan rute perjalanan sampai dengan sistem pembayaran melalui GoPay atau LinkAja.

”Sejauh ini kami melihat bahwa GOTO sedang menciptakan integrasi antar segmen sehingga memaksimalkan ekosistem yang ada,” ucapnya.

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.
    Investasi
  • Gojek, platform layanan on-demand dan perusahaan teknologi Tokopedia di Indonesia mengumumkan pembentukan grup GoTo.
    Gojek, platform layanan on-demand dan perusahaan teknologi Tokopedia di Indonesia mengumumkan pembentukan grup GoTo.
    GoTo
  • Telkomsel adalah salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia.
    Telkomsel