Sukses

Sandiaga Uno: FSM Serap 18.720 Pekerja Ekonomi Kreatif per Juni 2022

Sejak Februari hingga Juni 2022, Family Sunday Movie (FSM) mampu menyerap 18.720 tenaga kerja di subsektor perfilman.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno, mengapresiasi gelaran Family Sunday Movie (FSM).

Sebab, sejak Februari hingga Juni 2022, ajang yang diikuti sineas muda tanah air ini mampu menyerap 18.720 tenaga kerja di subsektor perfilman.

Pada Februari 2022, ajang FSM diikuti sebanyak 219 komunitas, Maret diikuti 153 komunitas, April diikuti 109 komunitas, bulan Mei 63 komunitas, dan pada Juni ada 80 komunitas.

"Total ada 624 komunitas yang berpartisipasi dalam ajang FSM ini. Masing-masing dari mereka, jika dirata-ratakan melibatkan 30 orang tenaga kerja. Artinya, sejak Februari hingga Juni 2022 tenaga kerja yang terserap dalam kegiatan produksi film pendek ini sebanyak 18.720 orang," ujar Sandiaga Uno, Rabu (22/6/2022).

Pada Juni 2022 ini, tahapan seleksi dan kurasi FSM usai dilakukan. Official Selection peringkat pertama untuk periode Juni berhasil diraih film berjudul 'Cerita di Waktu yang Salah' karya Sutradara Gombang Ari Patuanan produksi Vanasea Films, Bandung. Sementara peringkat kedua diraih film berjudul 'Menyisir Pesisir Gili Ketapang' karya Sutradara Devano Ramadhan Pratama produksi Galetong Media, Malang.

Sandiaga Uno mengaku bangga dengan para sineas muda yang terus berkarya dengan kreativitas yang dimilikinya. Menurutnya, kreasi film yang mereka ciptakan mampu mendongkrak perputaran roda ekonomi nasional.

"Tentu hal ini berdampak pada upaya kita yang tengah bekerja keras memulihkan perekonomian nasional. Penyerapan tenaga kerja yang cukup besar ini memang upaya yang terus kita ciptakan agar perekonomian masyarakat kembali berputar," tutur Sandiaga.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minat Para Sineas

Dikatakannya, besarnya minat para sineas muda menunjukkan jika anak-anak muda memiliki antusiasme dan semangat yang tinggi untuk berkontribusi terhadap pemulihan perekonomian nasional.

"Hal ini menunjukkan bahwa sineas muda memiliki semangat dan antusiasme yang cukup tinggi terhadap FSM. Sejak dibuka Februari lalu, hingga kini sudah ratusan peserta dari berbagai daerah yang berpartisipasi dalam FSM," tutur Sandiaga Uno.

Tak sekadar apresiasi, Sandiaga Uno menyebut Kemenparekraf telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk mendorong sineas muda agar mendapatkan ruang berkreasi. Bagi sineas yang filmnya terpilih, mereka akan mendapatkan sertifikat, kit FSM, dan penayangan poster film di sejumlah area gedung Kemenparekraf sebagai bagian dari ekshibisi.

"Film terpilih juga akan ditayangkan secara premier di kanal YouTube Kemenparekraf selama satu bulan dan berhak menjadi nominasi pada Annual Awards FSM yang diselenggarakan pada November mendatang bersama film-film terpilih lainnya," kata Sandiaga Uno.

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Kembangkan Potensi

Mantan Wagub DKI Jakarta tersebut mengajak para sineas muda lain untuk ikut berpartisipasi dalam FSM sehingga dapat mengembangkan segala potensi yang mereka miliki.

"Saya mengajak seluruh anak muda Indonesia, khususnya sineas muda agar ikut berpartisipasi dalam FSM periode Juli untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif di daerahnya. Persiapkan karya terbaik kalian, pantau terus media sosial dan website familysundaymovie.com,” tutur Sandiaga Uno.

Dengan kreasi yang baik, Sandiaga optimis para sineas muda ini akan memiliki daya jangkau dan kemampuan yang lebih berkualitas dalam industri perfilman Tanah Air.

"Kepada sineas yang belum memenangkan ajang ini, saya mengimbau terus mengembangkan potensi yang dimiliki. Saya percaya kalian memiliki potensi luar biasa yang harus terus menerus diasah dan dikembangkan. Karena Mahakarya akan selalu menemukan jalannya," pungkas Sandiaga Uno. [*]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.