Sukses

Top 3: Kabar Terbaru Soal Pembatasan Pembelian Pertalite

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah bersama PT Pertamina (Persero) tengah menggodok aturan teknis soal pembelian BBM penugasan jenis Pertalite. Pembelian jenis BBM dengan kadar oktan (RON) 90 tersebut rencananya bakal dibatasi sesuai dengan kriteria konsumen yang berhak.

Pertamina Patra Niaga pun meminta kesadaran konsumen membeli BBM sesuai dengan jenis kendaraannya. Sehingga tidak bergantung terhadap Pertalite hanya karena lebih ramah kantong.

Berita mengenai pembatasan pembelian Pertalite ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Minggu 20 Mei 2022:

1. Pertamina Ajak Konsumen Mampu Tinggalkan Pertalite, Pembelian Dibatasi?

Pemerintah bersama PT Pertamina (Persero) tengah menggodok aturan teknis soal pembelian BBM penugasan jenis Pertalite. Pembelian jenis BBM dengan kadar oktan (RON) 90 tersebut rencananya bakal dibatasi sesuai dengan kriteria konsumen yang berhak.

Pemerintah sudah menggelontorkan dana tak sedikit untuk mensubsidi BBM Pertalite. Bahkan, pemerintah telah mengantongi tambahan belanja untuk subsidi BBM dan LPG sebesar Rp 71,8 triliun. Alokasi dana itu didapat sesuai kesepakatan bersama dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI pada Kamis 19 Mei 2022.

Dana tersebut salah satunya diberikan kepada Pertalite selaku Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) agar harganya masih tertahan di angka Rp 7.650 per liter, jauh di bawah harga keekonomian yang mencapai Rp 12.556 per liter.

Simak artikel selengkapnya di sini

 

2 dari 3 halaman

2. Dorong Bauran Energi Bersih, PLTA Asahan 3 Target Operasi Maret 2024

PT PLN (Persero) terus menggenjot konstruksi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan 3 berkapasitas 2 x 87 megawatt (MW), sumber listrik berbasis energi baru terbarukan (EBT) yang berada Kabupaten Asahan dan Kabupaten Toba, Sumatera Utara

Direktur Mega Proyek dan EBT Wiluyo Kusdwiharto menjelaskan, saat ini progres pembangunan PLTA Asahan 3 sudah mencapai 55,44 persen.

Salah satu capaian terpenting dalam konstruksi pembangkit ini adalah selesainya pengeboran terowongan jalur air atau lebih dikenal dengan Headrace Tunnel.

Simak artikel selengkapnya di sini

 

3 dari 3 halaman

3. Program Kartu Prakerja Gelombang 31 Telah Dibuka, Yuk Daftar Segera!

Program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja dan pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja yaitu Kartu Prakerja kembali dibuka. Kali ini, adalah pembukaan untuk Gelombang 31.

Dikutip dari instagram @prakerja.go.id, Sabtu (28/5/2022), program Kartu Prakerja Gelombang 31 sudah dibuka pada Sabtu 28 Mei 2022. Berikut ungahan tersebut:

"Yuk yuk yuk langsung klik "Gabung Gelombang" di dashboard kamu! Buat yang belum beruntung gas langsung daftar!

Simak artikel selengkapnya di sini