Sukses

Top 3: Janji Jokowi Harga Minyak Goreng Turun ke Rp 14.000 Seliter dalam 2 Minggu

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini jika dalam dua pekan ke depan harga minyak goreng di pasaran sudah sesuai dengan harapan pemerintah. Harga komoditas ini bisa mencapai Rp 14.000 per liter.

Jokowi menegaskan jika sejumlah kebijakan telah diputuskan untuk menjaga kestabilan harga minyak goreng di pasaran. Namun, Kepala Negara mengakui bahwa persoalan minyak goreng bukanlah hal mudah.

Informasi mengenai penurunan harga minyak goreng ini menyita banyak pembaca. Selain itu, masih ada sejumlah berita yangtak kalah menarik.

Berikut daftar berita yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Selasa (24/5/2022):

1. Kata Jokowi Harga Minyak Goreng Turun ke Rp 14.000 Seliter dalam 2 Minggu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini jika dalam dua pekan ke depan harga minyak goreng di pasaran sudah sesuai dengan harapan pemerintah. Harga komoditas ini bisa mencapai Rp 14.000 per liter.

“Tapi ini kuncinya sudah ketemu, ini dalam seminggu, dua minggu, Insyaallah yang namanya minyak goreng curah akan berada di harga Rp 14.000 (perliter),” ujar Jokowi melansir laman Setkab, seperti dikutip Senin (23/5/2022).

Jokowi menegaskan jika sejumlah kebijakan telah diputuskan untuk menjaga kestabilan harga minyak goreng di pasaran.

Namun, Kepala Negara mengakui bahwa persoalan minyak goreng bukanlah hal mudah. Sejak Januari 2022 telah terjadi kenaikan harga minyak goreng yang disebabkan adanya kenaikan harga internasional.

Baca artikel selengkapnya di sini

2 dari 3 halaman

2. Harga Pangan Meroket Pasca Lebaran, Pedagang Warteg Kelimpungan

Sejumlah harga pangan di pasar tradisional mengalami kenaikan drastis setelah hari raya Idulfitri 2022. Kondisi itu membuat pelaku usaha Warung Tegal (Warteg) kelimpungan lantaran terpaksa mengeluarkan biaya belanja sembako lebih besar dari sebelumnya.

"Menghadapi harga-harga naik pedagang juga bisa kelimpungan karena mau naikan harga menu, sementara daya beli masyarakat juga belum pulih," kataKetua Koperasi Warteg Nusantara (Kowantara) Mukroni saat dihubungi Merdeka.com, Senin (23/5).

Mukroni mencatat, kenaikan harga secara drastis terjadi pada komoditas bawang merah yang sekarang dijual Rp50.000 per kilogram (Kg). Padahal, saat situasi normal, bawang merah hanya dibanderol Rp25.000 per kilogram.

Selain bawang merah, komoditas cabai juga turut mengalami kenaikan. Misalnya, cabai merah yang saat ini dijual Rp50.000 per kg atau naik sebesar Rp20.000 dari sebelumnya hanya Rp 30.000 per kg.

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Ekspor Minyak Goreng Kembali Dibuka Hari Ini, 23 Mei 2022

Pemerintah memutuskan untuk membuka kembali pintu ekspor minyak goreng pada 23 Mei 2022. Sebelumnya, pemerintah melarang ekspor minyak goreng mulai 28 April 2022 pukul 00.00 WIB,

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan, sejak kebijakan pelarangan ekspor minyak goreng diterapkan pemerintah terus memantau dan mendorong berbagai langkah-langkah untuk memastikan ketersediaan minyak goreng dapat memenuhi kebutuhan masyaraka.

Hasilnya, berdasarkan pengecekan langsung di lapangan dan laporan pasokan minyak goreng terus bertambah.

"Berdasarkan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang tenaga di industri sawit baik petani pekerja dan juga tenaga pendukung lainnya maka saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada senin 23 Mei 2022," tegas Jokowi pada Kamis 19 Mei 2022.

Baca artikel selengkapnya di sini