Sukses

Erick Thohir Bakal Buka Lagi Lowongan Kerja Besar-Besaran di BUMN Akhir 2022

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir memberikan isyarat akan kembali membuka rekrutmen bersama BUMN pada akhir 2022 ini. Hal itu Erick Thohir sampaikan saat memberi pembekalan pada peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Rabu (18/5/2022) di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

Erick pun berjanji, ia bakal memberikan kesempatan lebih kepada para peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022 yang belum lolos tes untuk memperebutkan lebih dari 2.700 formasi yang tersedia.

"Juga di akhir tahun ini, kalau ada rekrutmen bersama ini, kita akan prioritaskan yang sudah terdaftar. Tapi kembali, kalian harus berikan yang terbaik ketika kalian masuk di BUMN," ujar Erick Thohir.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengapresiasi kepada para peserta yang antusias untuk bisa mengerahkan tenaganya kepada negara melalui perusahaan BUMN.

"Saya ucapkan terimakasih pada generasi muda Indonesia, mata-matanya menyala. Kalau kita lihat mata ini, kita akan jadi negara besar," ungkapnya.

Ia pun percaya, antusiasme tersebut bisa mendongkrak Indonesia jadi negara yang lebih besar. Itu sudah tergambarkan pada pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I 2022, yang berhasil kembali menyentuh level 5 persen pasca terjerembab ke lubang resesi saat pandemi.

"Buktinya apa, pertumbuhan ekonomi kita sudah sampai 5 persen. Ini sangat tinggi sekali. Amerika kalah, Eropa kalah," sebutnya.

Namun Erick tak mau berhenti sampai situ. Dia ingin Indonesia tetap konsisten menjaga pertumbuhan ekonominya. Sehingga mampu meraih cita-cita masuk menjadi negara dengan ekonomi terbesar keempat dunia pada 2045.

"Karena itu, saya sampaikan, kita perlu superhero baru. Perlu juara-juara baru," kata Erick Thohir.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tidak Ada Titipan

Sebelumnya, Erick Thohir menegskan bahwa dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2022  ini tidak akan ada orang-orang titipan.

"Rekrutmen BUMN yakinlah, tak ada namanya anak sultan. Kita transparan. Kalau budidaya di awal saja sudah salah, gimana mau menatap masa depan. Jadi kita transparan, tidak ada titipan," serunya dalam acara Pembekalan Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2022 di Tennis Indoor Senayan Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Secara lowongan, Rekrutmen Bersama BUMN 2022 yang diselenggarakan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka lebih dari 2.700 posisi. Namun karena antusiasme yang tinggi, Erick usul untuk memberikan tambahan lowongan untuk program magang, sehingga total ada sekitar 5.000 posisi.

"Saya sudah putuskan, rekrutmen ini 2.700. tapi karena animonya luar biasa, ada 2.300 lagi kita berikan kesempatan magang," ujar Erick Thohir.

Pada kesempatan tersebut, Ia juga menekankan poin-poin leadership bagi calon pegawai BUMN. Tak hanya itu, Erick pun mengajak calon armada baru perusahaan pelat merah untuk aware atas adanya perubahan zaman, khususnya dalam menjemput digitalisasi.

"Karena itu percayalah, kenapa kita mau rekrut kalian. Karena kita mendorong, yqng namanya milenial BUMN, gen Z gen A, itu harus jadi komponen terbesar BUMN dalam hadapi perubahan," tuturnya.

"Kita mau kalian jadi keluarga kita. Karena BUMN adalah pilihan orang-orang terbaik yang bisa gabung BUMN," pungkas Erick Thohir. 

3 dari 4 halaman

Mengenal Value BUMN

Mengutip Surat Edaran Nomor 7/MBU/07/2020 tentang Nilai-nilai Utama (Core Values) Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara, maksud diterbitkannya Surat Edaran ini adalah agar setiap Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara mengetahui, mengimplementasikan, danmenginternalisasikan Nilai-Nilai Utama (Core Values) Sumber Daya Manusia BadanUsaha Milik Negara secara sungguh-sungguh, konsisten, dan konsekuen, sehingga melahirkan perilaku keseharian dan membentuk budaya kerja Badan Usaha Milik Negara yang selaras dengan Nilai-Nilai Utama (Core Values) tersebut.

Adapun, nilai-nilai Utama (Core Values) Akhlak Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara terdiri dari:

a. Amanah

Definisi: Memegang teguh kepercayaan yang diberikan.

Panduan perilaku:

1) Memenuhi janji dan komitmen.

2) Bertanggung jawab atas tugas, keputusan, dan tindakan yang dilakukan.

3) Berpegang teguh kepada nilai moral dan etika.

 

b. Kompeten

Definisi: Terus belajar dan mengembangkan kapabilitas.

Panduan perilaku:

1) Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selaluberubah.

2) Membantu orang lain belajar.

3) Menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik.

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

c. Harmonis

Definisi: Saling peduli dan menghargai perbedaan.

Panduan perilaku:

1) Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya.

2) Suka menolong orang lain.

3) Membangun lingkungan kerja yang kondusif.

 

d. Loyal

Definisi: Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara.

Panduan perilaku:

1) Menjaga nama balk sesama karyawan, pimpinan, BUMN, dan Negara.

2) Rela berkorban untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

3) Patuh kepada pimpinan sepanjang tidak bertentangan dengan hukum danetika.

 

e. Adaptif

Definisi: Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan.

Panduan perilaku:

1) Cepat menyesuaikan diri untuk menjadi lebih baik.

2) Terus-menerus melakukan perbaikan mengikuti perkembangan teknologi.

3) Bertindak proaktif.

 

f. Kolaboratif

Definisi: Membangun kerja sama yang sinergis.

Panduan perilaku:

1) Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi.

2) Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah.

3) Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

Nah, semoga Anda lebih paham akan maksud dari Cove Values BUMN yang menjadi bagian rekrutmen Program Bersama BUMN 2022.