Sukses

Sandiaga Uno Promosikan Desa Wisata Lewat Lomba Lari Internasional

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya mendapat penugasan dari Wakil Presiden Maruf Amin untuk mempromosikan desa wisata melalui festival olahraga nasional dan internasional. Salah satu yang akan digelar bertaraf internasional adalah Samosir Lake Toba Ultra di Samosir, Sumatera Utara.

"Jadi mereka nantinya bukan hanya lari, tetapi menikmati desa wisata dan membeli produk lokal," kata Sandiaga dalam konferensi pers, Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Sandiaga mengatakan, Samosir Lake Toba Ultra digelar pada 17 September 2022 mendatang. Samosir Lake Toba Ultra merupakan lomba lari yang diikuti ribuan pelari terbaik dunia. Event lomba lari ini memiliki empat kategori yang diperlombakan, yaitu 5 km, 12 km, 25 km, dan 50 km.

Seluruh pelari akan diajak melintasi area Danau Toba, melewati berbagai desa wisata, sekaligus melihat dan menikmati indahnya pemandangan pegunungan serta kawasan pantai sepanjang rute.

Pariwisata berbasis olahraga memang akan terus dikembangkan. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat tugas membuat festival olahraga tingkat nasional dan internasional.

"Jadi kita ditugaskan untuk membuat rekreasi sebagai prestasi. Ini sejalan dengan desain besar olahraga kita bahwa untuk menggaungkan dan menjadikan demam masyarakat berolahraga memiliki dampak positif," jelasnya.

Kemenparekraf juga menggelar event lain selain Samosir Lake Toba Ultra pada tahun ini. Tiga event sport tourism yang bakal digelar, mulai dari Borobudur Marathon 2022, Audax (lomba sepeda jarak jauh 200-600 km).

Audax akan digelar di beberapa kota seperti Jakarta, Bekasi, Semarang, Manado, Solo, Padang, Surabaya, serta Bandung. Kemudian ada Oceanman 2022 yakni sebuah ajang kompetisi berenang di perairan Pantai Muaya di Bali pada Juli 2022.

2 dari 4 halaman

Terbang ke New York, Sandiaga Bakal Bicara Soal Pengembangan Desa Wisata di Forum PBB

3 dari 4 halaman

Terbang ke New York, Sandiaga Bakal Bicara Soal Pengembangan Desa Wisata di Forum PBB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bertolak menuju New York, Amerika Serikat. Sandiaga akan menghadiri undangan Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations General Assembly atau UNGA) di hari kedua Idul Fitri 1443 Hijriyah.  

"Saya akan menghadiri undangan dari Ketua Majelis Sidang Umum PBB, Abdulla Shahid. Kali ini dalam acara High-Level Thematic Debate,” tutur Sandiaga Uno, Selasa (3/5/2022).

Dalam undangannya kali ini, Sandiaga menjadi juru bicara kunci yang akan memaparkan terkait pengembangan desa wisata dan ekonomi berkeadilan untuk semua lapisan masyarakat.

"Kami akan terus mendorong pengembangan investasi pariwisata berkelanjutan yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Sandiaga juga akan membahas terkait Community-based tourism yang diimplementasikan dalam program pengembangan desa wisata. 

"Hal ini sesuai dengan rencana strategis UN World Tourism Organization (UNWTO), yaitu sebagai upaya pemulihan sektor pariwisata dunia yang berkualitas dan adil bagi kesejahteraan masyarakat,” tutup Sandiaga.

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Adapun pembahasan terkait pariwisata pada Majelis Umum PBB akan diselenggarakan pada 4 Mei 2022, di UN HQ, New York City, Amerika Serikat.

Desa wisata didorong jadi salah satu destinasi menarik untuk dikunjungi wisatawan di masa libur Lebaran 2022. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut bahwa jika dikemas dengan asyik, tujuan wisata satu ini akan jadi atraksi yang unik.

"Berarti harus ada homestay, harus ada atraksi yang baik (di desa wisata). Juga, tentu (memperhatikan) kesiapan CHSE (Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan)) dan protokol kesehatan," katanya dalam extended weekly press briefing secara hybid, Senin, 25 April 2022.