Sukses

Pengajuan KUR ke BNI Bisa Lewat Aplikasi Chatat.id

Liputan6.com, Jakarta - Chatat.id, aplikasi bisnis untuk bisnis mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berkolaborasi dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI). Kolaborasi ini akan memudahkan pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BNI untuk pengguna aplikasi Chatat.id melalui fitur Chatat HUB.

CEO dan Founder Chatat.id Petrus Hadi Satria Bapa menjelaskan, pinjaman modal kerja adalah solusi yang tepat untuk membantu pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya yang memiliki keterbatasan dalam modal usaha.

Chatat.id sebagai aplikasi one solution app yang memiliki fitur-fitur beragam dapat membantu para UMKM, salah satunya dengan mengajukan pinjaman modal dari BNI melalui fitur Chatat HUB.

"Selain itu, komitmen kami untuk membuat pelaku UMKM jadi ‘Naik Kelas’ dapat tercapai. Naik kelas disini maksudnya adalah usaha tersebut semakin berkembang,” Ujar Petrus dalam keterangan tertulis, Kamis (12/5/2022).

Sampai hari ini, Chatat.id sendiri telah membantu lebih dari 40,000 UMKM dalam menjalankan usahanya dan bekerja sama dengan berbagai institusi keuangan, serta komunitas untuk membantu penggunanya agar kegiatan usaha dapat menjadi lebih efisien dengan menggunakan aplikasi pendamping bisnis seperti Chatat.id.

"Kami turut bangga karena melalui aplikasi Chatat.id, kami telah menjembatani sinergi antar BUMN di mana bapak Sarinda merupakan UMKM binaan Telkom yang mendapatkan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank BNI.” Lanjut Petrus.

Diharapkan kolaborasi antara BNI dan Chatat.id akan terus jalan berkelanjutan dimana dengan peran digital ini akan memudahkan akses permodalan serta pengembangan UMKM nasional naik kelas.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Langsung Disetujui

Pemilik Ungga Creative Lombok Sarinda Farid Rizki merupakan pengusaha produksi kain tenun, aksesoris dari mutiara, dan perak yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Farid merupakan UMKM binaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). Adapun Telkom dan Chatat.id melakukan kerja sama pelatihan literasi keuangan digital kepada UMKM binaan Telkom pada tahun 2021 lalu.

Sarinda merupakan salah satu peserta pelatihan tersebut dan menjadi salah satu pengguna aplikasi Chatat.id yang aktif dalam melakukan pencatatan keuangan bisnisnya.

Sarinda mengetahui adanya Kredit Usaha Rakyat dari BNI di aplikasi Chatat.id melalui informasi yang diberikan oleh tim Customer Experience Chatat.id. Setelah itu, Sarinda mengajukan Kredit Usaha Rakyat ke BNI dengan melampirkan seluruh laporan keuangan yang dihasilkan dari pencatatannya di aplikasi Chatat.id selama kurun waktu 6 bulan penggunaan.

Karena pencatatan keuangan yang rapi dan performa usaha yang baik, proses pengajuan akhirnya disetujui oleh pihak BNI.

Pencairan dana dari BNI bertepatan dengan dipilihnya usaha Sarinda sebagai salah satu usaha yang lolos seleksi program dinas UMKM Provinsi Lombok “Kurasi UMKM Kuliner dan Handicraft” sehingga produk Ungga Creative Lombok dapat dipasarkan selama acara di Moto GP Mandalika.

 

3 dari 3 halaman

Membantu Para UMKM

Kolaborasi antara BNI bersama Chatat.id bertujuan untuk membantu para UMKM yang ingin mengembangkan usahanya namun belum memiliki modal kerja yang mencukupi. Kini para UMKM tak perlu khawatir, karena Chatat.id sudah bekerja sama dengan sebuah Lembaga Keuangan yang aman dan terpercaya di Indonesia, yaitu BNI yang sudah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

UMKM pengguna Chatat.id kini berkesempatan mendapatkan kredit BNI hingga Rp 50 juta dan minimal peminjaman dana sebesar Rp 25 juta, dengan suku bunga 6 persen per tahun.

Peminjaman modal kerja memiliki kriteria penjual rata-rata minimal penjualan sebesar Rp 5 juta per bulan. Untuk dapat mengajukan fasilitas modal kerja, para pelaku usaha harus menjadi pengguna berlangganan Chatat.id terlebih dahulu.