Sukses

Kesiagaan Layanan Pertamina saat Arus Mudik dan Balik Lebaran Tuai Apresiasi

Liputan6.com, Jakarta Kesiagaan Pertamina dalam menyediakan bahan bakar minyak (BBM) yang cukup di sepanjang jalur mudik dan balik Lebaran 2022 menuai apresiasi Komunitas otomotif.

Bendahara komunitas Pajero Owners Community (POC) chapter Banten Raya (Barcha) Abdulrahman mengaku cukup puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Pertamina selama masa mudik lebaran, khususnya dalam penyediaan Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Selama bepergian ke sejumlah kota, seperti Tegal, Pemalang, Semarang, dan Yogyakarta, saya merasakan betul pelayanan Pertamina begitu baik,” ujarnya melansir Antara di Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Menurut dia, sejumlah layanan SPBU tambahan di sepanjang jalur mudik, khususnya ruas jalan tol di sepanjang Pulau Jawa ikut membantu para pemudik dalam pemenuhan BBM.

"Sangat membantu jaga-jaga jika kita kehabisan BBM saat berada di jalan tol. Apalagi saat arus kendaraan padat, adanya SPBU tambahan sangat membantu,” katanya.

Warga asal Pondok Cabe, Tangerang Selatan ini mengapresiasi upaya para petugas yang terlihat siaga dalam mengatur arus lalu lintas di sepanjang perjalanan. Termasuk para petugas Pertamina yang begitu baik dalam memberikan layanan kepada para pengguna jalan.

Dengan adanya berbagai layanan, para pemudik tidak perlu lagi khawatir kehabisan bahan bakar ketika berada di jalan. Apalagi dia melihat SPBU rest area di sepanjang jalan tol begitu padat.

"Jadi adanya layanan ini kita tak perlu lagi antri lama untuk mengisi bahan bakar,” kata Doel, sapaan akrab Abdulrahman.

Selain kenyamanan, menurut dia pelayanan Pertamina kepada para pemudik begitu memadai dengan berdirinya posko-posko kesehatan.

"Ini yang sangat membantu kita. Apalagi di sana ada wahana tempat untuk bermain anak-anak,"ujarnya.

Dia berharap pada musim mudik berikutnya, fasilitas dan layanan kepada para pemudik bisa ditambah dan disediakan secara menyeluruh di wilayah lain di Indonesia.

"Semoga tahun depan pelayanannya lebih baik lagi dan tersebar di wilayah-wilayah lainnya," katanya.

 

 

2 dari 3 halaman

Kesiagaan Stok

Pada saat arus mudik lebaran 2022, Pertamina telah mempersiapkan stok BBM dan LPG telah mensiagakan seluruh infrastruktur meliputi 114 Terminal BBM, 23 Terminal LPG, lebih dari 7.400 SPBU, 667 SPBE, 4.972 Agen LPG, dan 68 DPPU.

Pertamina juga menyediakan Layanan Tambahan di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama, yang terdiri dari enam layanan utama, meliputi: Kios Pertamina Siaga, Rumah Pertamina Siaga, Pertamina Delivery Service 135, SPBU Siaga, dan Agen & Outlet LPG Siaga.

Selain itu juga disediakan layanan Rumah Pertamina Siaga menyediakan aktivasi promosi unggulan meliputi MyPertamina Tebar Hadiah, Bright Gas, Merchandise Moto GP, Layanan Derek, Asuransi Tugu Mandiri, Fasilitas Kesehatan, dan Lesehan Enduro.

Salah satu layanan unggulan yang ada di Rumah Pertamina Siaga yaitu fasilitas kesehatan berupa Mini Klinik yang bekerjasama dengan Pertamedika untuk penyediaan pengecekan layanan kesehatan demi mendukung program pemerintah #MudikAmanMudikSehat, termasuk diantaranya adalah unit ambulance yang siaga di lokasi layanan.

3 dari 3 halaman

Laporan Penyelewengan BBM Hampir Tiap Hari Diterima Posko ESDM

Tim Posko Nasional Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (Posko ESDM) rutin menerima laporan soal penyelewengan BBM, hampir setiap hari selama masa Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Erika Retnowati mengaku, dirinya kerap menerima beberapa permintaan dari Kepolisian untuk mengirimkan tenaga ahli sebagai saksi untuk kasus penindakan tersebut.

"Masih ada memang beberapa tempat yang dijumpai penyalahgunaan. Bukan berarti masa lebaran kemudian tidak terpikir untuk melakukan, tetap ada. Hampir setiap hari kami terima laporan dari Kepolisian soal penyelewengan di lapangan," ujarnya dalam sesi penutupan Posko Nasional ESDM, Rabu (11/5/2022).

BPH Migas sendiri turut terlibat sebagai pengelola Posko ESDM selama 17 hari periode Lebaran 2022, mulai 25 April hingga 11 Mei.

Dalam masa tugas tersebut, Erika bersyukur tanggung jawab penyediaan energi saat arus mudik dan balik, termasuk BBM dan LPG 3 kg berjalan dengan lancar dan aman.

"Juga kita tidak mendengar adanya isu-isu kekurangan, kelangkaan BBM maupun energi listrik. Alhamdulillah tak ada bencana signifikan yang mengganggu arus mudik dan balik," ungkapnya.

Posko Nasional ESDM sendiri terdiri dari empat bagian. Pertama, mengurusi soal BBM dari BPH Migas. Kemudian, Posko Gas Bumi dan LPG oleh Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM.

Selanjutnya, Posko Kelistrikan yang dikoordinasikan oleh Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM bersama PT PLN (Persero). Terakhir, Posko Kebencanaan Geologi yang dikelola Badan Geologi Kementerian ESDM.

"Kami juga sebar tim ke seluruh Indonesia. Melakukan monitor di lapangan, baik ketersediaan stok BBM di SPBU, pendistribusiannya, kondisi di lapangan apakah ada hambatan yang terjadi. Kami juga melihat bagaimana ketersediaan energi listrik. Alhamdulillah tak ada kendala berarti selama 17 hari," pungkas Erika.

 

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.
    Pertamina
  • Mudik menurut KBBI adalah pulang ke kampung halaman.
    Mudik
  • BBM atau Bahan Bakar Minyak adalah materi apapun yang bisa diubah menjadi energi.
    BBM