Sukses

Arus Balik, 39.300 Orang Sudah Tiba di Jakarta Gunakan Kereta Api

PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) mencatat 39.300 orang dari berbagai daerah tiba di stasiun kereta api daerah operasional 1 Jakarta

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) mencatat 39.300 orang dari berbagai daerah tiba di stasiun kereta api daerah operasional 1 Jakarta. Yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, Karawang, Cikarang dan Cikampek.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan per tanggal 6 Mei 2022, sejumlah stasiun kereta di wilayahnya telah menerima kedatangan penumpang dengan volume yang cukup tinggi.

"Untuk Jumat 6 Mei 2022 terdapat sekitar 39.300 penumpang yang datang di area Daop 1 Jakarta," kata Eva dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (6/5/2022).

Peningkatan kedatangan penumpang masa arus balik sebenarnya telah terjadi sejak Rabu (4/5) lalu. Secara bertahap, jumlah tersebut meningkat pada hari Kamis (5/5) dan Jumat (6/5).

Dia memperkirakan akan ada 111.700 penumpang yang akan tiba di stasiun kereta api Daop 1 selama musim arus balik lebaran tahun ini.

"Terdapat 111.7000 penumpang yang tiba di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi dan Cikampek," kata dia.

Dalam mengantisipasi penumpukan penumpang di stasiun, pihaknya akan menempatkan sejumlah petugas di berbagai titik di stasiun. Tugasnya untuk mengarahkan penumpang yang datang agar tidak terjadi kerumunan.

"Mereka akan membantu mengarahkan penumpang yang tiba agar tidak berkerumun di satu lokasi tertentu saat menunggu penjemputan," kata dia mengakhiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masa Angkutan Lebaran

Sebagai informasi, masa angkutan Lebaran untuk perjalanan Kereta Api (KA) ditetapkan H-10 sampai H+10 Lebaran atau 22 April - 13 Mei 2022.

Pada periode tersebut, dari area Daop 1 Jakarta terdapat sekitar 64 perjalanan KA Jarak Jauh per hari, dengan kapasitas tempat duduk yang disediakan rata-rata 37.400 per hari.

Sesuai aturan dari pemerintah, kapasitas yang ditetapkan untuk KA Jarak Jauh yaitu 100 persen. Pada kurun waktu 22 April-6 Mei 2022 sebanyak 485.200 tiket terjual untuk keberangkatan dari Daop 1 Jakarta.

Adapun relasi yang banyak dipilih pengguna diantaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

3 dari 4 halaman

Tiket Kereta Api Arus Balik Mudik Masih Banyak, Buruan Beli

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat bahwa tiket Kereta Api Jarak Jauh pada hari pertama dan kedua Lebaran serta setelah libur Lebaran masih cukup banyak tersedia. KAI mengajak masyarakat untuk mudik pada periode tersebut dengan menggunakan kereta api yang aman dan nyaman.

Berdasarkan pantauan, tiket KA Jarak Jauh yang terjual pada periode hari-H Lebaran s.d H+10 atau 2 s.d 13 Mei 2022 baru mencapai rata-rata 65 persen. Masyarakat dapat segera melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access, web KAI, serta seluruh channel penjualan resmi tiket KAI lainnya.

KAI melihat, mulai banyak masyarakat yang ingin bepergian pada hari lebaran dan beberapa hari setelah lebaran. Misalnya pada 2 Mei (H1) terdapat sebanyak 84.927 pelanggan (okupansi 70 persen), pada 3 Mei (H2) sebanyak 114.616 pelanggan (okupansi 94 persen), pada 4 Mei (H+1) sebanyak 118.944 pelanggan (okupansi 98 persen), dan 5 Mei (H+2) sebanyak 106.024 (okupansi 88 persen).

Khusus pada keberangkatan dari Jakarta yakni Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, tiket yang tersedia pada periode 5 s.d 13 Mei masih sangat banyak. Masih Tersedia 103.294 tempat duduk atau 31% dari total kapasitas yang KAI sediakan.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, KAI berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik agar pelanggan tetap merasa nyaman dan aman saat bepergian menggunakan kereta api di masa Angkutan Lebaran ini.

“Kami mengajak kepada masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api pada hari-H Lebaran ataupun pascalebaran. Jumlah tempat duduk kereta api masih cukup banyak, sehingga masyarakat dapat segera memesannya untuk bepergian selagi cuti bersama dari pemerintah masih berlangsung,” kata Didiek dalam keterangannya, Senin (2/5/2022).

4 dari 4 halaman

Keunggulan Naik Kereta Api

Perjalanan dengan kereta api khususnya di masa Angkutan Lebaran ini memiliki sejumlah keunggulan dibanding moda transportasi darat lainnya yaitu bebas macet, tepat waktu, lebih nyaman dan aman, serta mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Imbauan untuk mudik meggunakan kereta api juga disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau Stasiun Pasar Senen, Sabtu (30/4). Erick Thohir mengatakan kelebihan perjalanan menggunakan kereta api yaitu lebih nyaman dan murah.

“Kereta api sendiri ini sebenarnya menjadi potensi yang luar biasa untuk transportasi, untuk mudik, ataupun nanti kembalinya karena ini nyaman, tepat waktu, sejuk, makanannya enak, dan murah. Saya berharap tentu yang senang melakukan transportasi darat, ini ada alternatif selain mobil. Mobil saya yakin biayanya jauh lebih mahal. Bensinnya lagi naik, lagi pula bayar tol, macet. Di sini (kereta api) semua berjalan dengan baik,” kata Erick Thohir.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir didampingi jajaran Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, dan KAI melakukan peninjauan ke Stasiun Cikarang dan dilanjutkan ke Stasiun Pasar Senen menggunakan KRL.

Di Stasiun Pasar Senen, Menteri BUMN menyapa pelanggan kereta api, melakukan pembinaan kepada jajaran KAI, dan memantau data pergerakan penumpang di Ruang Posko Angkutan Lebaran.

Pada keberangkatan 30 April atau H-2 Lebaran, KAI memberangkatkan 130.775 pelanggan dengan okupansi mencapai 107 persen dikarenakan adanya penumpang dinamis. Total, sejak H-10 s.d H-2, KAI telah melayani 835.893 pelanggan atau rata-rata 92.877 pelanggan per hari dengan okupansi sebesar 79 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.