Sukses

Lebaran 2022 Bisa Dongkrak Ekonomi Daerah 25 Persen

Tahun ini Pemerintah sudah mengizinkan masyarakat melakukan perjalanan mudik lebaran setelah dilarang sejak tahun 2020.

Liputan6.com, Jakarta Tahun ini Pemerintah sudah mengizinkan masyarakat melakukan perjalanan mudik lebaran setelah dilarang sejak tahun 2020. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Salahuddin Uno memprediksi musim mudik lebaran ini akan meningkatkan perekonomian daerah tujuan mudik hingga 25 persen.

"Perkiraan saya ini (perekonomian daerah berkat Lebaran) naik 20 persen sampai 25 persen," kata Sandiaga di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta Pusat, Senin (11/4).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan momentum libur lebaran telah dinantikan masyarakat daerah. Apalagi selama 2 tahun pandemi, pemerintah melarang mudik lebaran.

"Jadi jelas ini memberikan dampak ekonomi ke daerah dan ini sudah lama ditunggu," katanya.

Deputi I Kebijakan Strategis, Kementerian Parekraf, Wawan mengatakan berdasarkan historisnya, musim lebaran mampu menggerakkan perekonomian daerah. Tercermin dari adanya peningkatan uang beredar tahun 2021 lalu sebanyak 20 persen.

"Kalau merujuk data Bank Indonesia, ada peningkatan jumlah uang beredar 20 persen ketika mudik lebaran dan bulan Ramadan," kata dia.

Bahkan di tahun lalu, BI mencatat ada penarikan uang hingga Rp 15,4 triliun per hari di tahun 2021. Sehingga dengan adanya potensi pemudik sebanyak 80 juta bisa memberikan dampak yang lebih besar lagi. Apalagi tahun lalu pemerintah masih melarang mudik lebaran.

"Hampir 80 juta pemudik ini dampaknya luar biasa," kata dia.

Lebih khusus dari sisi ekonomi kreatif dan produksinya ini dari kriya di tempat wisata tentu akan mendukung momentum pemulihan sektor parekraf. Apalagi tradisi ini dilakukan di tengah kondisi mobilitas yang membaik.

"Sehingga pergerakan ekonomi ini akan tumbuh," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada Ramadhan dan Lebaran, Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Diramal 5 Persen

Kementerian Keuangan meramalkan pertumbuhan ekonomi kuartal II tahun ini akan lebih rendah dari capai tahun 2021 sebesar 7,07 persen (yoy).

Diperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal II 2022 ini hanya di atas 5 persen. Padahal dalam periode yang sama terdapat momentum bulan Ramadhan dan lebaran Idul Fitri.

"Apakah kuartal kedua kita tumbuh persen? Tidak, tapi peluang besar kita bisa tumbuh di atas 5 persen," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu dalam webinar Macroeconomic Update 2022, Jakarta, Senin (4/4).

Dia menjelaskan, pertumbuhan yang tinggi di tahun 2021 karena berangkat dari pertumbuhan di tahun 2020 yang lebih rendah. Saat itu perekonomian pertama kali kontraksi -5,39 persen (yoy) karena dihantam pandemi. Sementara pertumbuhan tahun ini memiliki level yang cukup tinggi sebagai perbandingannya.

Meski begitu dia optimis pertumbuhan ekonomi kuartal kedua ini bisa diatas 5 persen. Sebab tahun ini pemerintah sudah mengizinkan masyarakat untuk mudik lebaran setelah 2 tahun dilarang. Tak hanya itu, berbagai aktivitas ekonomi juga mulai diperlonggar selama bulan Ramadan.

"Di satu sisi 2 tahun masyarakat lebaran dan Ramadan di rumah. Kalau ada peluang, Ramadan kita relaksasi dari tahun sebelumnya dan mudah-mudahan ini bisa aman dan masyarakat kita akan semangat," kata dia.

Selama 2 tahun tanpa izin mudik dan mobilitas yang masih terbatas membuat masyarakat memiliki simpanan dana yang kemungkinan akan dibelanjakan pada momentum ini. Sehingga dia memprediksi konsumsi masyarakat akan melonjak tinggi di tahun ini.

"Sekarang uang lagi banyak di tabungan 2 tahun berturut-turut (karena dilarang mudik)," kata dia.

3 dari 3 halaman

Faktor-Faktor Lainnya

Selain itu, dalam waktu yang bersamaan, terjadi kenaikan harga komoditas. Ini akan meningkatkan belanja masyarakat karena pernah terjadi di tahun 2011 dan 2012.

"Tahun 2011 dan 2012 ini belanja masyarakat tinggi. Jadi kita akan optimis karena di Q1 juga akan tumbuh di level 5 persen dan Q2 ini bisa di atas 5 persen," kata dia.

Termasuk juga dengan adanya pembayaran THR perusahaan menjelang Ramadan. Begitu juga dengan Gaji ke-13 PNS yang akan menjadi mesin pendorong pertumbuhan optimal di kuartal kedua ini.

"Belum lagi ada THR dan gaji 13 PNS, ini akan bisa meningkat di Q2," kata dia.

Dia menambahkan, selain konsumsi rumah tangga dan PDB yang meningkat, kinerja ekspor dan investasi masih kuat. Sektor manufaktur juga masih kuat dan menunjukkan ekspansinya.

"Hal-hal ini masih tinggi di kuartal kedua," kata dia mengakhiri.

 

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.