Sukses

Erick Thohir Resmikan RS Otak dan Jantung di Makassar: Masyarakat Tak Perlu Lagi Berobat ke Luar Negeri

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meresmikan Rumah Sakit Otak dan Jantung (RSOJ) di Makasar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meresmikan Rumah Sakit Otak dan Jantung (RSOJ) di Makasar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Rumah sakit masuk dalam BUMN klaster Kesehatan. 

Dalam peresmian ini Erick Thohir didampingi Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Komisaris Utama Pertamina  Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. 

Erick menjelaskan, Rumah Sakit Otak dan Jantung ini menghadirkan pelayanan kesehatan dengan standar yang terbaik. Ia pun meminta BUMN sektor kesehatan untuk terus berbenah meningkatkan pelayanan. Sehingga, masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri.

Dia mencatat, sekitar 600 ribu masyarakat Indonesia selama ini berobat ke luar negeri. Angka ini mengalami penurunan drastis lantaran adanya pandemi.

"Ini harus menjadi momentum bagi kita dalam memperbaiki standar pelayanan kesehatan agar masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri," kata Erick dalam peresmian RSOJ pada Rabu (30/3/2022).

Erick mengatakan, pembangunan rumah sakit yang seluruh standar pelayanan dan fasilitasnya bertipe B ini diselesaikan dalam waktu 8 bulan sejak Juli 2021. RSOJ ini, ucap Erick, menempati lahan seluas 5.705 meter persegi dengan luas bangunan 11.389 meter persegi yang terdiri dari satu bangunan utama dan satu bangunan pendukung.

Selain itu, RSOJ Pertamina Royal Biringkanaya berada di lokasi strategis yang merupakan daerah pengembangan baru kota Makassar dan berjarak hanya sekitar 8 Kilometer dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

"Hal ini semakin memberikan kemudahan bagi berbagai lapisan masyarakat baik dari dalam maupun luar negeri untuk datang berobat," ucap Erick.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibuka di Wilayah Lain

Selain di Makassar, Erick berencana mendirikan RSOJ di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung. Meski begitu, ia akan melihat lokasinya terlebih dahulu sebelum merealisasikan pembangunan RS otakdan jantung tersebut.

Lebih lanjut, Erick mengapresiasi kerja keras holding rumah sakit (RS) BUMN, Pertamedika IHC, yang berhasil menuntaskan pembangunan RSOJ pertama di Indonesia Timur dengan nama Rumah Sakit Pertamina Royal Biringkanaya.

"Rumah Sakit Pertamina Royal Biringkanaya merupakan langkah besar Pertamedika IHC sebagai holding RS BUMN dalam meningkatkan ketahanan kesehatan nasional dengan memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Indonesia Timur," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.